in: News | October 27, 2014 | by: Ozal

Google Mulai Batasi Konten Bajakan Muncul di Search

Memanfaatkan jasa mesin  pencari Google untuk mencari konten bajakan, tampaknya bakal semakin sulit. Google sudah memperbarui sistem algoritma mesin pencari yang mampu membatasi hasil pencarian website yang biasa mempublikasi konten bajakan, seperti musik dan film.

google

Biasanya, pengunduh konten bajakan akan memasukan awalan kata kunci “download” ataupun “free” di mesin pencari Google. Namun, sistem algoritma Google justru akan menampilkan hasil pencarian yang dimaksud pengguna tersebut malah ke website yang lebih sah, seperti Spotify, Amazon, atau Netflix di posisi paling atas.

Hasil ini baru ditunjukkan di AS saja, namun kami berencana untuk terus mengusahakan di wilayah ini dan memperluasnya ke seluruh dunia“, kata Google dalam sebuah pernyataan.

google search

Harus diakui, pembajakan konten ilegal di internet makin marak juga karena keberadaan Google Search itu sendiri, mesin pencari paling banyak digunakan orang di seluruh dunia. Sebagai contoh menurut pelacakan web Alexa, Google Search telah menjadi sumber utama asal pengunjung mp3skull.com, salah satu website tempat berbagi file musik mp3 paling populer. Dengan demikian, Google ingin mempersulit eksistensi pembajak online di internet dan kemudahan para pengunduh ilegal.

Keputusan sulit yang Google lakukan ini juga tak lepas dari tuntutan pihak industri musik dan film di Amerika Serikat. Bila industri hiburan tersebut tidak bisa mematikan keberadaan website penyedia konten bajakan, maka jalan alternatifnya ialah memotong akses melalui mesin pencari.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES