in: Audio | October 13, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Jabra Pro 953: Headset Khusus Call Center

Nama Jabra selama ini mungkin lebih banyak dikenal sebagai produsen headset untuk mendukung operasional gadget. Produk headset Bluetooth mereka memang sudah lama beredar di Indonesia dan cukup banyak digunakan oleh pengguna gadget yang membutuhkan wireless headset. Namun, Jabra tidak hanya memiliki produk perangkat audio pendukung gadget saja. Mereka memiliki cukup banyak varian perangkat audio, baik berupa headphone, headset, maupun speaker yang ditujukan untuk berbagai kebutuhan.

jabra_logo

Beberapa waktu lalu, salah satu produk khusus dari Jabra hadir di kantor kami, yaitu Jabra Pro 935. Perangkat ini, sesuai dengan namanya yang menyandang kata “Pro”, ditujukan untuk kebutuhan profesional. Perangkat tersebut, menurut informasi dari Jabra, memang ditujukan khusus untuk kebutuhan di call center dan didesain sedemikian rupa untuk mendukung pekerjaan para pekerja call center. Kami akan coba memberikan ulasan singkat untuk produk tersebut dalam artikel ini.

Paket Penjualan

Jabra Pro 935 - 01

Jabra Pro 935 hadir dalam kemasan paket penjualannya yang terlihat sangat sederhana tanpa adanya corak warna-warni di boks tersebut. Di dalam boks tersebut, selain terdapat unit Pro 935, juga terdapat beberapa perlengkapan pendukung operasional perangkat. Perlengkapan tersebut adalah:

  • Docking Station
    Jabra Pro 935 - 02
  • Kabel USB to Mini USB Type B
    Jabra Pro 935 - 03
  • Adapter
  • Manual Book
  • Headband
    Jabra Pro 935 - 05

Walaupun hanya disebut sebagai perlengkapan, keempat item di atas akan sangat dibutuhkan dalam pengoperasian Jabra Pro 935. Tanpa adanya perlengkapan tersebut, headset ini tidak dapat digunakan. Mengapa? Kami akan membahasnya di bagian berikutnya.

Jabra Pro 935 Single Connectivity

Headset Jabra Pro 935 sendiri sebenarnya hanya merujuk pada sebuah speaker yang dilengkapi dengan mic. Perangkat ini tentu saja tidak bisa digunakan begitu saja tanpa adanya perlengkapan yang disertakan di dalam paket penjualannya. Oleh karena itu, semua isi dari paket penjualan benar-benar dibutuhkan dalam pengoperasian headset ini.

Jabra Pro 935 - 06

Terdapat 4 buah tombol di Pro 935. Satu tombol terletak di balik speaker dan berfungsi sebagai tombol utama untuk menerima dan memutuskan panggilan yang masuk. Tiga tombol lain terletak berjajar di bagian sisi speaker dan masing-masing berfungsi untuk kontrol volume up, mic mute, dan volume down. Terdapat juga lampu indikator di dekat tombol untuk menerima/memutus panggilan.

Tombol Volume Up, Mute, dan Volume Down di Jabra Pro 935
Tombol Volume Down, Mute, dan Volume Up di Jabra Pro 935

Unit yang datang ke kantor kami merupakan versi single connectivity, yang berarti perangkat ini hanya bisa terhubung ke komputer secara wireless. Untuk menghubungkan perangkat ke komputer, jalan satu-satunya adalah dengan cara menggunakan docking station yang disertakan dalam paket penjualan. Berdasarkan informasi dari situs resmi Jabra, terdapat pula varian Dual Connectivity dengan tambahan Bluetooth sehingga Anda bisa dengan mudah menghubungkannya ke smartphone atau tablet Anda.

Untuk memasang headset ke telinga penggunanya, Jabra telah menyediakan sebuah headband. Headband tersebut memiliki konstruksi yang cukup kokoh. Di sisi tempat memasang unit headset, terdapat busa yang akan memberikan jarak antara speaker dengan telinga penggunanya. Bantalan busa yang diberikan cukup empuk dan memberikan kesan nyaman ketika menempel ke telinga. Sedangkan di sisi lain headband, terdapat penyangga dari karet yang cukup elastis sehingga headband nyaman digunakan di kepala penggunanya.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES