in: Audio | October 13, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Jabra Pro 953: Headset Khusus Call Center

Penggunaan

Bila Anda ingin menghubungkan Jabra Pro 935 ke komputer Anda, Anda harus menghubungkan unit docking station ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Sayangnya, docking station tersebut tidak bisa beroperasi memanfaatkan listrik dari port USB, sehingga Anda harus tetap menggunakan adapter yang disediakan untuk mengaktifkan perangkat ini. Tentu saja hal ini sedikit kurang praktis mengingat headset ini membutuhkan setidaknya dua buah kabel terhubung ke docking station untuk beroperasi.

Jabra Pro 935 - 09

Setelah docking station aktif dan kabel USB dipasang, sistem operasi Windows 7 dan Windows 8 yang kami gunakan akan langsung mengenali Pro 935 dan perangkat dapat langsung digunakan, baik untuk input mic maupun output suara. Untuk mulai menggunakan Pro 935, Anda bisa melepasnya dari docking station dan memasangnya ke headband. Docking station akan menampilkan indikator yang membantu Anda mengetahui apakah speaker dan mic di headset aktif atau tidak.

Docking dari Jabra Pro 935 ketika digunakan.
Docking dari Jabra Pro 935 ketika digunakan.
Port tempat Jabra Pro 935 terhubung ke docking station.
Port tempat Jabra Pro 935 terhubung ke docking station.

Tombol untuk menerima/memutus panggilan yang ada di perangkat ini hanya bekerja bila Anda telah menginstall aplikasi PC Suite dari Jabra. Sayangnya, tombol tersebut benar-benar hanya berfungsi bila Anda menggunakan aplikasi-aplikasi khusus panggilan melalui komputer (softphone) seperti Cisco Jabber, Microsoft Lynx, Skype dan sebagainya. Anda tidak bisa memanfaatkan tombol itu untuk aplikasi non-profesional seperti Hangout, LINE, dan sejenisnya. Namun, untuk tombol-tombol lain, Anda dapat mengoperasikannya secara sekalipun Anda tidak menginstall PC Suite.

Kualitas suara dari Pro 935 sendiri memang dioptimalkan hanya untuk menunjang kebutuhan call center saja. Hal itu berarti Anda tidak akan nyaman menggunakan headset ini untuk kebutuhan lain, seperti menonton film atau mendengarkan musik. Ketika kami mencoba mendengarkan musik dengan speaker ini, kualitas suara yang dihasilkan membuat lagu yang kami putar terasa sangat buruk. Tetapi, hal itu sangat wajar mengingat headset ini memang sama sekali tidak ditujukan untuk kebutuhan tersebut.

Busa di headband Jabra Pro 935 cukup empuk dan nyaman digunakan. Sayangnya, bahan dari busa tersebut membuat telinga cepat terasa panas.
Busa di headband Jabra Pro 935 cukup empuk dan nyaman digunakan. Sayangnya, bahan dari busa tersebut membuat telinga cepat terasa panas.

Mic yang ada di Pro 935 dapat menangkap suara dengan baik, termasuk memfilter suara di latar belakang yang tidak ada kaitannya dengan percakapan selama suara berada di bawah batas desibel tertentu. Selain itu, dengan desain Pro 935 yang mengusung sistem wireless terpisah dari headband, Anda dapat dengan mudah menatur posisi mic tanpa adanya halangan apapun. Anda juga bisa memposisikan Pro 935 di telinga kiri atau kanan sesuai dengan preferensi Anda tanpa ada kendala apapun.

Untuk baterai, pihak Jabra mengklaim bahwa dalam sekali pengisian, baterai di headset ini dapat bertahan hingga penggunaan 12 jam non-stop dengan stand-by time mencapai 7 hari. Ketika kami mencobanya, kami mendapatkan penggunaan hingga sekitar 6 jam hanya menguras baterai perangkat ini hingga kisaran 60% saja.

Kesimpulan

Jabra Pro 935 - 12

Jabra Pro 935 memang bisa dikatakan merupakan sebuah headset yang memang dan hanya khusus ditujukan untuk kebutuhan di call center saja. Perangkat tersebut memang dioptimalkan untuk kebutuhan sebuah call center dan dukungan aplikasinya pun hanya dikhususkan pada kebutuhan tersebut. Wajar bila kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat ini tidaklah memesona ketika digunakan untuk kebutuhan hiburan, seperti menonton film atau mendengarkan musik.

Headband yang disertakan cukup menunjang penggunaan perangkat ini sebagai pendukung kebutuhan di call center karena konstruksinya yang kokoh dan juga desainnya yang memungkinkan pengguna menempatkan Pro 935 sesuai dengan keinginan mereka. Sayangnya, busa yang ada membuat perangkat ini membuat telinga terasa cepat panas karena bahannya. Walaupun begitu, secara keseluruhan, perangkat ini cukup dapat diandalkan untuk kebutuhan di call center.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES