in: Networking | October 2, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Netgear WN3000RP: Range Extender Mungil nan Praktis

Kebutuhan akan jangkauan wireless network di seluruh penjuru tempat tinggal sudah menjadi hal yang lumrah di era saat ini. Banyaknya perangkat yang bisa terhubung ke Internet melalui jaringan lokal menjadi alasan utama kebutuhan tersebut muncul. Namun, karena berbagai hal, sinyal WiFi bisa jadi tidak bisa menjangkau seluruh penjuru rumah, misalnya saja karena wireless router yang digunakan memiliki daya jangkau yang terbatas. Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak produsen perangkat jaringan memproduksi perangkat yang disebut sebagai Wireless Range Extender untuk membantu memperluas jangkauan sinyal WiFi, termasuk salah satunya adalah Netgear dengan perangkat WN3000RP.

994838_10151590155758705_284357615_n

Netgear WN3000RP

Wireless range extender dari Netgear ini memiliki ukuran yang kecil dengan bentuk menyerupai adapter daya sebuah router. Karena bentuk tersebut, perangkat bisa dikatakan cukup praktis karena untuk menggunakannya pengguna hanya perlu memasangnya ke soket listrik. Sayangnya, perangkat WN3000RP yang kami terima menggunakan konektor kaki tiga, sehingga kami butuh menggunakan adapter untuk memasangnya ke soket kaki dua yang umum digunakan di Indonesia.

Netgear tidak menyediakan perlengkapan apapun, kecuali beberapa lembar panduan, untuk perangkat ini dalam paket penjualannya. Hal itu cukup wajar mengingat wireless range extender memang tidak membutuhkan perlengkapan apapun untuk digunakan secara normal. Namun, untuk perangkat yang satu ini, karena penggunaan konektor yang tidak sesuai dengan soket listrik di Indonesia, ada baiknya Netgear menyertakan adapter untuk membantu pengguna menggunakan perangkat ini. Berikut ini adalah wujud dari kemasan paket penjualan dan juga isi paket penjualan perangkat dari Netgear ini:

Netgear WN3000RP - 01

Netgear WN3000RP - 02

Perangkat Netgear WN3000RP sendiri dibalut dengan warna putih dan memiliki dua buah antena eksternal, masing-masing satu di sisi kiri dan kanan perangkat. Antena tersebut terpasang permanen dan tidak dapat dilepas dari perangkat. Netgear mendesain antena tersebut dapat diputar hampir 360° sehingga pengguna dapat mengarahkan antena sesuai dengan posisi mereka memasang perangkat tersebut.

Netgear WN3000RP - 03
Netgear WN3000RP, lampu indikator terdapat di sisi depan.
Netgear WN3000RP - 04
Tombol On/Off dan WPS di sisi kiri serta tombol Reset dan port Ethernet di sisi bawah.
Netgear WN3000RP - 05
Pergerakan antena dibatasi oleh tonjolan yang ditempatkan di lubang antena. Hal itu tampaknya ditujukan agar kabel di sisi dalam antena tidak rusak karena terbelit.

Terdapat sebuah port Ethernet di sisi bawah perangkat ini. Terdapat juga beberapa tombol di perangkat ini, yaitu tombol On/Off dan WPS di salah satu sisi samping perangkat dan tombol Reset di sisi bawah, dekat dengan port Ethernet. Sedangkan untuk lampu indikator, terdapat lampu indikator power dan WPS di bagian depan, serta Smart LED Indicator untuk sinyal WiFi di bagian depan.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES