in: News | October 27, 2014 | by: Ozal

Operator Seluler di Korea Bersaing Kembangkan 5G

Tiga operator seluler terbesar di Korea Selatan, KT, SK Telecom, dan LG Uplus, saling unjuk gigi dengan memamerkan teknologi jaringan generasi kelima atau 5G yang mereka kembangkan masing-masing dalam sebuah ajang teknologi di Busan pekan ini.

5g

Sebagai salah satu operator ISP terbesar di Korea Selatan, KT sudah siap dengan era internet super cepat yang mereka sebut “GIGA Internet”. Ini menggambarkan, bagaimana kecepatan internet 5G nantinya, minimal bakal 10 kali lebih cepat dari saat ini di Korea yang ‘hanya’ 100 megabit per detik (Mbps). KT mengatakan, mereka sudah menguji coba kecepatan 5G yang mampu tembus di kecepatan 10Gbps.

Sementara itu SK Telecom, yang juga merupakan operator seluler terbesar di Korea Selatan, telah memamerkan sebuah prototipe peralatan telekomunikasi untuk jaringan 5G yang mampu memberikan kecepatan akses internet 3,7Gbps. Samsung turut berperan penting di balik pengembangan 5G yang dilakukan SK Telecom ini. Keduanya menjanjikan layanan 5G akan dikomersialkan di Korea Selatan mulai Mei 2020.

Lalu yang terakhir LG Uplus, unit bisnis operator seluler milik LG Group itu juga melakukan hal serupa dengan dua operator seluler saingannya. Namun mereka belum mengungkapkan hasil pengembangan 5G yang dilakukannya. Pihak LG Uplus hanya mengatakan, mereka sudah menjalin kerja sama pengembangan 5G bersama Samsung, Huawei, dan Nokia Network.

Sementara itu, Menteri Informasi dan Teknologi Korea Selatan Cho Yang-hee mengungkapkan, pihaknya ingin membawa perusahaan Korea Selatan dapat menciptakan standarisasi teknologi telekomunikasi generasi terbaru.

(Sebelumnya) Korea telah mengabaikan tentang pentingnya standarisasi teknologi. Perusahaan di sini sudah tahu bahwa ini dapat menciptakan keuntungan dan membantu mereka mendominasi pasar global“, ungkap Choi, seperti dikutip dari Korea Times.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES