in: Direct Release | October 29, 2014 | by: Jagat Review

[PR] Facebook Media Alert – Facebook Mendukung Pengembangan Integrasi Game Lintas Platform

Banyak pengembang atau developer game yang menyampaikan kepada Facebook bahwa mereka ingin mengembangkan game mereka tanpa harus mulai dari nol. Karena itu, kami memutuskan untuk berinvestasi pada game engine yang bisa membantu pengembang game agar bisa cepat membuat dan menempatkan game-nya di berbagai platform.

Hari ini, Chukong Technologies bekerja sama dengan Facebook, meng-update game engine Cocos2d-x sehingga terintegrasi secara penuh dengan platform Facebook.

Selain itu, Facebook juga memberikan pilihan bagi pengembang untuk menggunakan game engine lain yaitu Facebook SDK for Unity yang dirilis lebih dari satu tahun lalu untuk membantu pengembang membuat game lintas platform. Melalui Unity, integrasi dengan Facebook menjadi lebih mudah melalui ‘unified function’ dan ‘return call values’ lintas platform, selain tentunya meningkatkan kompatibilitas aplikasi yang menggunakan lebih dari satu plugins. Sekarang sudah ada lebih dari 5.000 game yang menggunakan Facebook SDK for Unity pada platform Facebook maupun perangkat mobile.

Dengan tambahan fungsionalitas Facebook pada Cocos2d-x dan Cocos2d-JS, pengembang memiliki pilihan game engine yang bisa membantu mereka melakukan integrasi dengan Facebook, termasuk pengembangan lintas platform.

Cocos2d-x adalah game engine lintas platform berbasis open source, yang paling banyak di-adopsi pengembang di seluruh dunia, dan menjadi game engine dari banyak game populer di Apple App Store dan Google Play. Update ini membuat pengembang yang menggunakan Cocos2d-x menjadi lebih mudah dalam mengintegrasikan fungsionalitas Facebook ke dalam game mereka, termasuk menempatkan game mereka pada platform Facebook.

Big Fish, produser dan distributor apliaksi game ternama, mulai menggunakan Cocos2d-JS untuk meng-update dua dari daftar game populer mereka seperti Fairway Solitaire dan Big Fish Casino, dan berencana untuk menggunakan game engine yang sama untuk judul game lintas platform baru yang akan dirilis di platform iOS, Android dan Facebook.

Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat pada blog post ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES