in: Graphics Card | October 12, 2014 | by: Ridwan Fariz

Review Digital Alliance GTX 970 JetStream 4GB: Maxwell dengan Rasio Harga dan Performa Terbaik

Graphics Card

Digital_Alliance_GTX97015

Tampilan dari graphics card Digital Alliance GTX 970 JetStream ini didominasi dengan warna hitam dan emas yang menjadi ciri khas dari graphics card ini. Bagian berwarna emas pada bagian luar menggunakan bahan alumunium yang solid, sedangkan bagian berwarna hitam pada bagian dalam menggunakan bahan plastik.

Digital_Alliance_GTX97010

 

Graphics card ini menggunakan dua buah kipas berukuran 9cm yang mereka namakan TurboFan Blade. Kipas ini memiliki bilah-bilah yang didesain khusus dan diklaim dapat memberikan air flow yang lebih baik, namun dengan tingkat kebisingan yang rendah. Teknologi 0-db juga sudah diterapkan pada graphics card ini, sehingga saat GPU dalam keadaan idle dengan suhu dibawah 60 derajat celcius kipas tidak akan berputar, dan tentu saja tidak akan menghasilkan kebisingan sedikitpun.

IMG_0146

 

Di dalam kipas graphics card ini tertanam juga LED lighting berwarna putih yang akan memberikan ambience di dalam casing. Sayangnya logo pada bagian samping graphics card ini tidak menyala seperti pada GTX 970 non-reference kebanyakan.

Digital_Alliance_GTX97012

GTX 970 JetStream menggunakan solusi pendinginan dengan 3 buah heatpipe tembaga yang akan menghantarkan panas dari GPU dan didinginkan pada sirip-sirip/heatsink yang berukuran cukup besar diatasnya.

Digital_Alliance_GTX97014

Bagian VRM terlindungi dengan ramsink yang akan cukup membantu menurunkan panas komponen ini.

Digital_Alliance_GTX97013

 

Chip memory Samsung yang digunakan tidak terlindung dengan pendingin dan mengandalkan airflow dari kipas bagian atas.

Suhu

 

Untuk menguji performa sistem pendingin JetStream ini, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven dan mendapatkan hasil sebagai berikut:

Digital Alliance GTX 970 JetStream 4GB

Full-load: 77 °C (fan speed: Auto @60%)
Idle: 36 °C (fan speed: Auto @0%)

Pendingin JetStream ini mampu bekerja dengan sangat efisien, seperti saat idle suhu GPU hanya berkisar pada suhu 36 derajat celcius tanpa memerlukan putaran kipas sama sekali, atau bisa disebut juga berjalan secara pasif (0-db). Saat kondisi load tertinggi, pendingin JetStream mampu meredam suhu GPU maksimal mencapai 77 derajat celcius dengan kipas berjalan secara auto pada putaran 60%. Pada kondisi load ini, kebisingan yang dihasilkan sangatlah rendah. Walaupun bukan yang paling dingin dikelasnya, namun sistem pendingin yang digunakan sudah sangat memenuhi untuk penggunaan standar ataupun sedikit overclocking.

Digital_Alliance_GTX97018

Jika secara sepintas graphics card ini terlihat seperti sebuah graphics card dengan ukuran yang panjang layaknya graphics card kelas high end lain, Anda baru bisa mengetahuinya begitu melihat PCB bagian belakang yang hanya berukuran sekitar 3/4 dari panjang PCB GTX 970 pada umumnya.

Digital_Alliance_GTX97020

Digital_Alliance_GTX97025

Graphics card ini menggunakan penyangga berbahan alumunium yang solid, terbentang dari ujung konektor input, hingga bagian depan yang memberikan ventilasi udara out take dari kipas.

Display Output

Digital_Alliance_GTX97016

Digital Alliance GTX 970 JetStream menyediakan konektor display sebagai berikut:

  • 1x Mini HDMI 2.0
  • 1x Dual-link DVI-D
  • 3x Mini Display Port 1.2

Graphics card ini menggunakan output yang tidak standar jika dibandingkan desain reference-nya. Jika Anda yang membutuhkan koneksi HDMI/HDMI 2.0, diperlukan converter tambahan yang sayangnya tidak disediakan pada paket penjualannya. Output display surround hingga 3x monitor 4K (@60Hz) dapat dilakukan pada graphics card ini dengan menggunakan 3 buah Mini Display Port 1.2 ataupun Mini HDMI 2.0 yang tersedia.

 

 

Digital_Alliance_GTX97017

Digital_Alliance_GTX97019

 

Bagi Anda yang berencana melakukan konfigurasi SLI pada graphics card ini, perlu diketahui jika GTX 970 JetStream ini akan memakan setidaknya 3 buah slot pada motherboard Anda.

Modifikasi

Digital_Alliance_GTX97021

Jika Anda tidak terlalu menyukai bagian cover berwarna emas pada graphics card ini, hal tersebut bukanlah masalah. Bagian ini dapat dengan sangat mudah untuk dilepas cukup dengan menggunakan obeng (+), tanpa perlu takut merusak segel ataupun membongkar bagian pendingin dalam graphics card ini.

Digital_Alliance_GTX97022

Tampilan GTX 970 JetStream tanpa cover berwarna emas. Warna hitam dominan ini mungkin lebih bersahabat bagi sebagian besar pengguna yang tidak ingin tema warna PC-nya bertabrakan dengan warna emas.

Digital_Alliance_GTX97024

 

Ingin menyamakan tema warna graphics card ini dengan PC Anda dengan graphics card ini? Gunakan kreatifitas seperti menggunakan cutting stiker dengan warna yang sesuai selera. Pastikan modifikasi yg dilakukan tidak berbekas agar tidak menyulitkan jika suatu waktu diperlukan proses RMA.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES