in: Graphics Card | October 12, 2014 | by: Ridwan Fariz

Review Digital Alliance GTX 970 JetStream 4GB: Maxwell dengan Rasio Harga dan Performa Terbaik

Kesimpulan

Digital Alliance GTX 970 JetStream ini berhasil menunjukkan kemampuan performanya yang dapat disejajarkan dengan graphics card high end kelas atas lainnya. Dengan GPU base/boost clock yang lebih tinggi sekitar 9%, performa yang dihadirkan melejit cukup signifikan dan mampu membayangi saudaranya GTX 980 reference dengan selisih performa yang tidak terlalu jauh. Dibandingkan dengan vendor lain yang juga menawarkan produk GTX 970 pre-OC non-reference, Digital Alliance GTX 970 JetStream ini tergolong sebagai GTX 970 no.2 paling kencang yang pernah kami ujikan secara out of the box. 

Digital_Alliance_GTX97011

Lalu bagaimana dengan harganya? Kabar baik bagi Anda yang cukup sensitif dengan masalah harga. Dari pemantauan kami, Digital Alliance GTX 970 JetStream ini merupakan graphics card GTX 970 non-reference/Pre-OC paling murah yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Dengan kisaran harga 4,2-4,3 Juta Rupiah (harga online Jakarta) yang hampir mendekat SRP resminya NVIDIA, GTX 970 JetStream ini tidak dapat tertandingi dari sisi perbandingan rasio harga dan performa yang ditawarkannya.

Dengan harga murah tersebut, apakah ada penurunan kualitas dibandingkan GTX 970 lain? Digital Alliance GTX 970 JetStream ini bukanlah graphics card paling premium, dengan penampilan yang paling menarik, dan solusi pendingin terbaik  jika dibandingkan GTX 970 non-reference lain yang harganya bisa mencapai 1-1,5 juta lebih mahal. Namun semua yang ditawarkan GTX 970 JetStream ini sudah sangat memadai, dan dari pengujian yang kami lakukan selama berjam-jam non-stop, tidak ada komplain ataupun masalah yang dialami sama sekali.

Bagaimana dengan kualitas komponennya? Pada kemasannya sendiri, produk ini tidak mengklaim jika graphics card-nya sudah menggunakan komponen khusus ataupun komponen kelas militer lainnya, kecuali komponen DrMOS yang memang sudah umum digunakan. Kami melihat dari segi ketebalan PCB, memang GTX 970 JetStream ini tidak setebal GTX 970 non-reference lainnya, namun hal ini tidak membuktikan apapun kecuali Anda berencana untuk mendudukinya ataupun membengkokan graphics card ini 😀 . Yang terpenting yang perlu diketahui adalah, Digital Alliance memberikan jaminan garansi selama dua tahun penuh, hal ini sudah cukup membuktikan kualitas yang mereka tawarkan.

Terakhir, apa kekurangan dari graphics card ini? Terdapat beberapa hal minor yang cukup disayangkan pada produk GTX 970 JetStream ini, salah satunya adalah penggunaan port display output yang tidak standar seperti pada GTX 970 lainnya yang menggunakan port HDMI dan Display Port full size. Untuk menggunakan port HDMI (2.0) diperlukan converter mini HDMI yang harus dibeli terpisah, alangkah baiknya jika Digital Alliance menyertakan converter ini sebagai paket penjualannya dibandingkan memberikan converter D-Sub (analog), mengingat graphics card ini didesain untuk menangani layar dengan resolusi 4K. Lalu dari segi ukuran, graphics card ini tergolong cukup bulky sehingga diperlukan 2,5 slot kosong pada motherboard yang berarti akan menyita slot disampingnya, dan Anda yang berencana melakukan SLI (3-4 Way) harus mempertimbangkannya. Diluar kedua kekurangan minor ini, produk Digital Alliance GTX 970 JetStream ini kami rekomendasikan sebagai GTX 970 dengan price/performance terbaik, dan dapat dijadikan pertimbangan Anda untuk pilihan upgrade graphics card baru Anda.

 

  • Produsen : Digital Alliance (Palit)
  • Info : http://www.digitalalliance.co.id/
  • Harga: Rp 4,219,000 (per 12 Oktober 2014)
  • Distributor Indonesia : Megacom
  • Telepon: 021-3000 54085

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES