in: Storage Devices | October 12, 2014 | by: Dian Syarifuddin

Review Empat MicroSD Samsung EVO UHS-I Class 10: Kartunya Para Profesional Dengan Kinerja Tinggi

Maraknya perkembangan smartphone yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini, juga turut diikuti oleh beberapa produsen lainnya sebagai perangkat pendukung untuk gadget. Salah satu perangkat tersebut adalah kartu memori. Saat ini, hampir semua smartphone maupun tablet yang hadir di pasaran dari berbagai merk, telah dilengkapi dengan sebuah slot microSD sebagai media penyimpanan tambahan bila internal storage yang terdapat pada gadget dirasa kurang mencukupi.

Seiring waktu, kartu memori yang ada di pasaran saat ini juga turut mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tersedianya klasifikasi kelas pada kartu memori saat ini, seperti kelas 2, 4, 6, atau 10, dan juga tersedianya sertifikasi (Ultra High Speed) UHS-I dan UHS-II, untuk mendukung beberapa perangkat seperti smartphone, tablet, dan juga kamera digital, yang membutuhkan kinerja tinggi pada sebuah kartu memori.

DSCF3010

 

Melihat tingginya kebutuhan akan perangkat kartu memori sebagai media penyimpanan tambahan saat ini, Samsung selaku perusahaan elektronik terkemuka yang memiliki beragam divisi pengembangan akan produknya, juga turut menghadirkan microSD dengan nama seri EVO.

Samsung microSD EVO yang hadir di meja pengujian JagatReview kali ini, tersedia dalam empat pilihan kapasitas yang berbeda, yaitu 8GB, 16GB, 32GB, dan 64GB. Masing-masing microSD dilengkapi dengan sebuah SD adapter yang telah dilengkapi dengan write lock. Keempat kartu memori dengan rating kelas 10 ini telah mengusung sertifikasi UHS-I yang menandakan bahwa keempat kartu memori milik Samsung ini memiliki kinerja cukup tinggi pada kecepatan transfer data.

Bila dilihat dari masing-masing kemasan, Samsung microSD EVO menawarkan kecepatan transfer data up to 48 MB/s. Tanpa membuang-buang waktu lagi, kami pun langsung segera menguji keempat kartu memori asal Korea Selatan ini. Apakah kinerja yang ditawarkan akan lebih baik jika dibandingkan dengan microSD lain yang sejenis? Penasaran? Sebelum itu, seperti biasa kami akan menampilkan terlebih dahulu kemasan paket penjualan dari Samsung microSD EVO ini dan platform pengujian yang kami gunakan.

Paket Penjualan

DSCF9947 DSCF3006

DSCF3007

 

Dalam paket penjualan Samsung microSD EVO UHS-I Class 10 ini, tersedia dalam empat pilihan kapasitas berbeda yang sudah dilengkapi dengan sebuah SD adapter. Pada sisi kiri SD adapter tersebut, terdapat sebuah write lock yang dapat Anda gunakan untuk mengunci proses copy pada microSD.

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

kingston-8go-1600mhz-ddr3-hyperx-blu-cl91

 

  • Storage: Kingston HyperX 3K SSD

kingston-hyperx-3k

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

corsair cx500 400px

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES