in: Notebook / Laptop | October 13, 2014 | by: Bimanto

Review Lenovo ThinkPad Yoga: Ultrabook 2in1 untuk Bisnis

Lenovo Thinkpad Yoga_6

Saat ini notebook sudah menjadi sebuah perangkat yang hampir dimiliki semua orang. Portabilitas tinggi tentunya membuat notebook menjadi pengganti PC bagi orang-orang yang suka berpergian. Meskipun sudah protable, notebook sendiri masih membutuhkan tempat yang cukup besar untuk mengoperasikannya dengan baik seperti meja. Saat ini untuk memecahkan masalah tersebut sudah ada perangkat Tablet yang memiliki bentuk seperti smartphone namun dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Tetapi, tetap saja sebuah tablet tidak memiliki kemampuan setinggi PC ataupun notebook. Lenovo sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi memecahkan masalah tersebut dengan produk terbarunya yaitu Lenovo Thinkpad Yoga.

Thinkpad Yoga adalah sebuah notebook berukuran 12.5” yang memiliki engsel layar yang unik yang membuat notebook ini memiliki mode-mode penggunaan yang berbeda. Seperti notebook Lenovo lainnya, Thinkpad Yoga didominasi oleh warna hitam.

Hal yang cukup mengesankan dari notebook ini adalah bahan – bahan yang digunakan untuk membuatnya. Rangka Thinkpad Yoga menggunakan bahan Magnesium Alloy yang terkenal kuat meskipun menambah berat notebook secara keseluruhan. Untuk layar sendiri Thinkpad Yoga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass. Kombinasi antara kedua bahan tersebut membuat Thinkpad Yoga memiliki durabilitas yang tinggi.

 

Lenovo Thinkpad Yoga_7

 

 

Spesifikasi
Processor Intel Core i5 4200U
Speed 1.6 GHz, Boost Frequency 2.6 GHz
Memory 4GB
Storage 16GB SSD cache + hard disk  1TB
Graphics Intel HD 4400 Graphics
Layar 12.5”  FHD IPS
Resolusi 1920 x 1080
Kamera 720P
Interkoneksi Card Reader Micro SD
Audio In/Out
Lenovo One Link Port
HDMI port
USB 3.0 x 2 port
Dimensi 316.5 x 220.9 x 18.7mm
Berat 1.57 KG

Dari segi performance, Thinkpad Yoga dilengkapi dengan processor Intel Core i5 4200U dan memory sebesar 4GB. Core i5 4200U  yang digunakan memiliki clock sebesar 1.6GHz dan dapat menjadi 2.6GHz saat fitur Turbo Boost aktif. Spesifikasi seperti itu sudah lebih dari cukup untuk menjalankan hamper semua aplikasi yang membutuhkan processing power tinggi. Untuk grafis, Thinkpad Yoga dilengkapi dengan IGP dari Intel yaitu Intel HD 4400 yang sudah lebih dari cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi grafis ringan. Untuk storage sendiri Thinkpad Yoga dilengkapi dengan HDD sebesar 1 TB dan juga SSD sebesar 16 GB yang berfungsi sebagai cache HDD. Hal ini akan meningkatkan kinerja dari HDD itu sendiri.

Lenovo Thinkpad Yoga_8

 

Thinkpad Yoga dilengkapi dengan layar sebesar 12.5” FHD IPS yang sudah menggunakan Corning Gorilla Glass. Layar tersebut memiliki resolusi 1920 x 1080 yang meskipun terlalu besar untuk notebook sekecil itu tetapi masih cukup enak untuk digunakan. Layar ini juga mendukung fitur touchscreen sehingga kita bisa menggunakannya seperti kita menggunakan smartphone. Touch Screen Thinkpad Yoga mendukung multiple input point sehingga mendukung fitur gesture input.

Thinkpad Yoga memiliki ukuran 327.5 x 222.5 x 17.5mm dan berat 1.57kg, membuat notebook ini sangat mudah untuk dibawa pergi meskipun memiliki bobot yang sedikit lebih berat dibandingkan dengan notebook dengan ukuran serupa. Hal tersebut diakibatkan penggunaan material yang sudah disebutkan di awal artikel.

Lenovo Thinkpad Yoga_9

 

Fitur menarik dari Thinkpad Yoga, seperti yang sudah dijelaskan di atas, adalah kemampuan untuk berubah menjadi sebuah tablet. Hal ini dapat dilakukan karena engsel pada notebook ini dapat diputar hingga 360 o membuat Thinkpad Yoga dapat menjadi sebuah notebook dan tablet.  Tidak hanya itu, Thinkpad Yoga juga dilengkapi dengan touchpen yang didukung dengan teknologi digitizer dari Wacom sehingga memiliki tingkat presisi yang tinggi. Selain itu pada saat kita memutar layarnya, maka keycap keyboard akan masuk ke dalam sehingga permukaan belakang menjadi rata dan kita tidak perlu takut merusak keyboard saat menggunakan Thinkpad Yoga sebagai tablet.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES