in: Graphics Card | October 21, 2014 | by: Ridwan Fariz

Review MSI GTX 970 Gaming OC 4G: VGA Idaman Gamers

Graphics Card

MSI_GTX970_Gaming_06

MSI mempersenjatai GTX 970 Gaming 4G ini dengan pendingin TwinFrozr terbarunya yang kini sudah memasuki generasi ke 5 (Twin Frozr V). Tema warna merah dan hitam yang sudah menjadi ciri khas hardware gaming series MSI, menghiasi desain graphics card ini dengan sangat menawan. Gamer manapun pasti akan langsung jatuh hati melihat desain graphics card ini, kecuali bagi mereka yang tidak terlalu menyukai warna merah atau gamer yang membangun gaming rig dengan tema warna berlawanan.

Beberapa fitur eksklusif yang ditawarkan MSI pada graphics card Gaming series ini antara lain:

Torx Fan

MSI_GTX970_Gaming_10

Pendingin Twin Frozr V ini menggunakan kipas yang mereka tersebut dengan Torx Fan. Bilah-bilah kipas didesain khusus dengan bagian dalam kipas sudutnya dibuat lebih miring, sehingga airflow yang dihasilkan diklaim dapat lebih tinggi dibandingkan kipas konvensional.

Zero Frozr

twinfrozrv_03

Dengan GPU Maxwell yang berjalan sangat efisien, MSI membenamkan fitur Zero Frozr yang memungkinkan graphics card dapat berjalan secara pasif tanpa memerlukan putaran kipas sama sekali. Pada suhu tertentu, pendingin Twin Frozr V ini juga dapat berjalan cukup dengan satu kipas saja. Jadi pengguna tidak perlu khawatir jika melihat kipas graphics card  ini tidak berjalan normal, karena memang hal tsb merupakan fitur yang ditawarkan MSI.

SuperSu Pipe

MSI_GTX970_Gaming_12

twinfrozrv_02

Terdapat tiga buah heatpipe sebagai penghantar panas utama dari GPU menuju sirip-sirip pendingin pada Twin Frozr V. MSI juga mengklaim dengan heatpipe khusus yang mereka namakan SuperSu Pipe ini dapat mendisipasi panas lebih efisien dibandingkan heatpipe konvensional.

MSI_GTX970_Gaming_13

Selain GPU yang didinginkan dengan sangat baik, MSI juga tidak lupa melindungi komponen RAM dan VRM agar suhunya tetap terjaga.

Untuk menguji performa sistem pendingin Twin Frozr V, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven selama kurang lebih 30 menit dan mendapatkan hasil sebagai berikut:

NVIDIA GTX 980

  • Full-load: 81 °C (fan speed: Auto @53%)
  • Idle: 36 °C (fan speed: Auto @26%)

MSI GTX 970 GAMING OC 4G

  • Full-load: 63 °C (fan speed: Auto)
  • Idle: 33 °C (fan speed: Auto @0%)

Tidak hanya penampilannya yang keren dan menawan, pendingin Twin Frozr V pada GTX 970 Gaming 4G ini memberikan performa pendinginan yang sangat baik. Pada kondisi GPU load 100%, Twin Frozr V mampu meredam panas GPU hingga batas atas 63 derajat celcius saja, dan pada keadaan idle tanpa putaran kipas sama sekali GPU berjalan pada suhu 33 derajat celcius.

MSI_GTX970_Gaming_16

Dengan pendingin yang memiliki performa tinggi ini, Twin Frozr V hanya menggunakan dua slot saja, sehingga konfigurasi SLI 3-way sangat memungkinkan dilakukan pada graphics card ini. Logo naga dan MSI pada samping atas ini juga akan menyala berwarna putih, dan menambah nilai estetika penampilan graphics card ini.

MSI_GTX970_Gaming_18

Berbeda dengan desain reference yang hanya menggunakan daya 6+6 pin PCIe power, MSI GTX 970 Gaming OC 4G ini membutuhkan asupan daya 8+6 pin PCIe power, untuk menjamin kestabilan daya yang dibutuhkan dalam keadaan ter-OC sekalipun.

MSI_GTX970_Gaming_15

Cukup disayangkan MSI tidak menambahkan aksesoris pelindung PCB bagian belakang seperti varian GTX 970 milik beberapa kompetitor lainnya, mengingat harga MSI GTX 970 Gaming OC 4G ini termasuk kategori premium.

MSI_GTX970_Gaming_19

MSI GTX 970 GAMING OC 4G menyediakan konektor display sebagai berikut:

  • 2x Dual-link DVI-I/DVI-D
  • 1x HDMI 2.0
  • 1x Display Port 1.2

Graphics card yang satu ini memang didesain untuk penggunaan display diatas Full HD bahkan hingga 4K. Selain dengan Display Port 1.2, hal tersebut juga bisa diwujudkan dengan standar port display HDMI 2.0 terbaru yang bisa menghantarkan display dengan resolusi 4K @60Hz cukup dengan menggunakan kabel HDMI 1.3/1.4 generasi sebelumnya. Display D-Sub juga masih bisa digunakan dengan menggunakan konverter DVI to D-Sub, namun pada sampel yang kami terima, tidak terdapat konverter yang biasanya menjadi kewajiban setiap paket penjualan graphics card.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES