in: Graphics Card - Overclocking | October 18, 2014 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Sneak Peek: MSI GTX 780 Ti Lightning MOA Edition, VGA Para Gladiator!

Kompetisi overclocking terbesar dunia , MSI Master Overclocking Arena 2014 tengah berlangsung. Seperti yang kita ketahui, dalam ajang lomba terbesar dalam sejarah overclocking tersebut, MSI menyatakan bahwa mereka akan menggunakan GTX 780TI Lightning MOA Edition. Ya, graphics card yang khusus dibuat hanya untuk lomba tersebut memang tidak diproduksi secara massal, dan hanya digunakan untuk perlombaan tersebut. Sejauh ini, hanya ada 19 VGA ini di Dunia!

Team member JagatOC yang lolos kualifikasi tersebut yaitu Leontius Jesse Putra a.k.a ‘bboyjezz’ telah berada di Taiwan dan menerima graphics card tersebut untuk berkompetisi. Penasaran seperti apa GTX 780 Ti MOA Edition ini yang khusus dibuat untuk MOA 2014? Simak sneak peek-nya berikut ini!

1

Seperti pada pamflet yang diberikan MSI, graphics card tersebut memang tidak disertai pendingin bawaan(HSF), karena penggunanya nanti pastinya menggunakan pendingin Liquid Nitrogen! MSI juga membuang fitur yang tidak berhubungan dengan overclocking, misalnya saja Triple Level LED,  yang meskipun cukup fancy untuk digunakan para gamers/modders, namun hampir tidak ada gunanya bagi overclocker. Jadi VGA ini dibuat hanya dengan satu tujuan: melakukan overclocking setinggi-tingginya!

4

 

5

Di dalam box, tidak ada perlengkapan lain yang tersedia, benar-benar hanya sebuah VGA tanpa HSF dan sebuah external control panel untuk VGAnya(yang nanti akan kami bahas)

The Card

MSI menggunakan sebuah desain PCB yang sama sekali baru pada MSI GTX 780 Ti Lightning MOA Edition. VRM(Voltage Regulator Module)-nya memiliki rancangan yang berbeda dari yang pernah ada selama ini – 16 Phase untuk GPU, dan 3-phase untuk video memori, lalu memiliki konektor input daya 8+8+6 pin! Pastinya rancangan pensuplai daya ini bisa memberikan daya yang luar biasa pada GPU.

9

10

16

18

20

 

External Control Panel

Dan dari semua yang baru, 780 Ti Lightning MOA Edition memiliki sebuah control panel eksternal untuk mengatur voltase (vGPU, vMEM, dan vPLL). Dengan external card ini, para overclocker dapat mengatur voltase GPU mereka on-the-fly secara realtime tanpa software tambahan seperti MSI Afterburner!

21

22

IMG_1021ss
Voltase paling atas adalah vGPU, yang tengah adalah vMEM, dan yang paling bawah adalah vPLL. Semua bisa diatur secara real-time, dan dimonitor

Apa yang kira-kira bisa dihasilkan dari rancangan VGA ‘tidak umum’ ini? Mungkinkan VGA tersebut meraih berbagai benchmark World Record? Mari simak bagaimana pada ‘gladiator’ MSI MOA meng-overclock crad ini sampai batas maksimalnya pada ajang MSI MOA 2014! (Anda dapat menyaksikan live report MSI MOA 2014 pada link ini: http://www.jagatreview.com/2014/10/msi-moa-2014-live-report-day-1/)

Update:

Rekan kami Jesse ‘bboyjezz’, mencatatkan pencapaian clock GPU 1721 Mhz, dan Video Memori 1900Mhz (efektif 3800Mhz GDDR5) pada ajang MOA 2014 dengan GTX 780 Ti MOA Edition ini. Clock tersebut dicapai dengan pendinginan LN2, suhu -120 C (minus 120 C), Voltase vGPU 1.5V, Voltase vMEM 1.85V, dan vPLL 1.15V.

*klik untuk memperbesar*
*klik untuk memperbesar*

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES