in: News | November 6, 2014 | by: Fernando B. Sitorus

Chip Next-Gen Intel Skylake S Bocor Di Dunia Maya

Ketika berbagai produk dengan chip prosesor Broadwell telah siap dipasarkan, penerus arsitektur tersebut, Skylake, dikabarkan juga telah siap terjun ke pasaran! Pada ajang Intel Annual Global Summit, pihak yang diwakili Intel Kirk Skaugen menegaskan roadmap Intel pada tahun 2015. Skaugen sempat menyebutkan Broadwell dan Skylake saat menyampaikan readmap tersebut! Memang, sudah banyak yang menyebutkan bahwa Intel akan mengganti prosesor desktop tertinggi mereka saat ini, Core i7-47XX dengan produk baru berbasis arsitektur baru. Bisa saja, pihak Intel akan langsung meluncurkan Skylake S untuk menggantikan Haswell di desktop.

Skylake s

Skylake S disebut membutuhkan chipset baru dan juga soket yg berbeda. Soket untuk prosesor tersebut disebut sebagai LGA 1151, berbeda 1 pin dari pendahulunya, LGA1150 untuk Haswell. CPU ini akan mendukung dua jenis memori, yaitu DDR3L 1,35V dan DDR4 1,2V. Pihak Intel menyerahkan keputusan penggunaan memori pada produsen motherboard sesuai dengan yang terbaik yang akan mereka suguhkan ke pengguna.

Terkait chipset baru untuk Skylake, dikabarkan Intel akan menggunakan nama Z170 dengan karakteristik yang mirip dengan chipset seri Z yang ada saat ini. Z170 akan mendukung prosesor unlocked multiplier dan juga PCI Express hingga 20 lane berikut port USB hingga 14 buah dan SATA Express X2 hingga 3 buah.

Kabar terkait Skylake S ini tentu saja berpotensi membingungkan, karena Intel seharusnya masih memiliki Broadwell di antara Haswell dan Skylake. Namun, sejauh belum ada pengumuman dari Intel, tentu saja semua kabar ini masih bisa dikategorikan sebagai rumor.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES