in: News | November 9, 2014 | by: Ozal

Galaxy Note 5 akan Gunakan Layar 4K?

Samsung Display, unit bisnis panel layar Samsung Electronics dikabarkan akan memproduksi panel layar 4K yang diperuntukkan untuk smartphone dan phablet. Kemungkinan ponsel pertama yang bakal mengadopsi layar tersebut ialah Galaxy Note 5.

samsung 4k

Resolusi 4K tersebut akan disematkan pada panel layar Super AMOLED generasi terbaru. Tingkat kerapatan layarnya pun mencapai 700ppi. Itu merupakan panel yang sama yang di aplikasikan Samsung ke flagship smartphone mereka, Galaxy S dan Note-series. Dugaan sementara, untuk diagonal layarnya sendiri ialah berukuran 5,9 inci. Sebagai pembanding, Galaxy Note 4 yang baru saja dirilis, menggunakan layar 5,7 inci dengan resolusi Quad-HD 1440×2560 dan kerapatan layar  515ppi.

Informasi diberitakan pertama kali oleh Phonearena itu, tertuang dalam sebuah bocoran dokumen yang berisi, timeline manufaktur Samsung Display untuk tahun depan. Tidak ada detail lebih banyak terkait itu. Samsung juga belum memberikan pernyataan resminya.

Dilaporkan pula, layar 4K untuk smartphone akan diproduksi massal mulai Agustus tahun depan. Jadi kemungkinan besar, smartphone perdana yang mengadopsinya baru akan hadir akhir 2015 atau awal 2016.

Dengan kualitas layar setinggi itu, tentunya akan menuntut peningkatan hardware smartphone di dalamnya yang jauh lebih baik dari yang ada saat ini, seperti CPU, GPU, kamera, hingga urusan baterai. Dalam hal ini, Qualcomm sudah membuka gerbang dengan SoC terkuat mereka, Snapdragon 810 yang mampu mengakomodir layar 4K hadir di perangkat mobile.

Tags:

Share This: