Hands-On Review Scanner Canon ImageFORMULA DR-C225W: Scanner Cepat yang Tidak Makan Tempat

Reading time:
November 24, 2014

Pengujian Canon ImageFORMULA DR-C225W

DSCF0816

Pengujian yang dilakukan terhadap Canon imageFORMULA DR-C225W ini adalah uji kecepatan scan sesuai dengan klaim yang dinyatakan oleh Canon sendiri. Umumnya, scanner dokumen ini digunakan untuk melakukan pemindaian berupa tulisan dalam warna hitam/putih, tetapi sebagai referensi dan perbandingan kecepatan kami juga mengujinya untuk melakukan pemindaian dokumen berwarna.

Pengujian pertama dilakukan dengan melakukan pemindaian dokumen tulisan hitam putih dengan kualitas ketajaman 200 dpi sebanyak 25 lembar. Hasil yang didapat adalah scanner ini mampu memproses 25 lembar dokumen tersebut dalam waktu rata-rata 59 detik. Sedangkan untuk hasil dokumen tulisan hitam putih dengan kualitas ketajaman 300 dpi juga mampu diselesaikan dalam waktu rata-rata 59 detik.

Sedangkan untuk pengujian kedua menggunakan fitur Wireless, kami menguji scan dokumen hitam putih dengan kualitas 300 dpi dan menggunakan aplikasi untuk smart devices Canon COTM. Secara Wireless, Canon imageFORMULA DR-C225W mampu memproses 25 lembar dokumen tersebut dalam waktu kurang lebih 1 menit, tergantung kepada seberapa stabil konektivitas antar scanner dengan smart devices yang digunakan.

Pengujian terakhir dilakukan dengan memindai dokumen berwarna dengan kualitas ketajaman 300 dpi dan 600 dpi. Untuk memproses dokumen berwarna berkualitas 300 dpi, scanner mampu menyelesaikan ke-25 lembar tersebut dalam waktu 1 menit 17 detik, sedikit lebih lambat jika dibandingkan ketika melakukan scan terhadap dokumen hitam putih. Lain hal ketika diuji melakukan scan berwarna berkualitas 600 dpi, di mana scanner berhasil menyelesaikan 25 lembar dokumen berwarna dalam waktu kurang lebih 14 menit 50 detik, jauh lebih lama ketimbang melakukan scan dengan kualitas 300 dpi.

Kedua pengujian tersebut di atas membuktikan bahwa hasil scan untuk dokumen hitam putih standar sebanyak 25 lembar tidak jauh berbeda dengan yang diklaim oleh Canon sendiri, yaitu mampu memproses hingga 25 lembar kertas dalam waktu kurang lebih 1 menit dengan kualitas ketajaman 300dpi. Walau lebih lama ketika melakukan pemindaian dengan dokumen berwarna, Canon imageFORMULA DR-C225W sendiri memang merupakan document scanner yang didesain untuk melakukan pemindaian untuk dokumen tulisan atau hitam/putih, sehingga waktu ini dapat dikatakan tergolong cepat untuk melakukan scan baik untuk dokumen hitam putih maupun berwarna.

150dpi
kualitas 150 dpi
300dpi
kualitas 300 dpi
600dpi
kualitas 600 dpi

Kesimpulan

Canon imageFORMULA DR-C225W document scanner merupakan sebuah scanner berperforma cepat yang berbentuk ringkas. Kecepatan proses pemindaian yang ditawarkan oleh seri terbaru dari pendahulunya, DR-C125W, sesuai dengan pernyataan yaitu sekitar 25 lembar kertas dokumen hitam putih dalam waktu kurang lebih 1 menit dengan kualitas 300 dpi. Walau memiliki waktu proses yang jauh lebih lama ketika memindai dokumen berwarna dengan kualitas 600 dpi, scanner ini memang didesain sebagai scanner dokumen hitam putih sehingga scanner dokumen berwarna merupakan opsi alternatifnya, sehingga secara performa Canon imageFORMULA DR-C225W memiliki kecepatan pemindaian yang baik dan cepat. Performa dari scanner ini pun juga didukung dengan bentuk ringkas dan bobot yang juga cukup ringan. Sehingga Canon imageFORMULA DR-C225W document scanner ini cocok untuk ditempatkan di tempat kerja dengan keterbatasan ruang atau bahkan di atas meja karena bentuknya yang cukup compact.

Hal yang cukup disayangkan, karena bentuknya yang tergolong kecil ini, sehingga Canon imageFORMULA DR-C225W tak dapat digunakan untuk melakukan pemindaian lebih dari 30 lembar kertas sekaligus dalam satu kali proses karena keterbatasan paper tray dalam menampung kertas. Selain itu, kami juga menemukan masalah ketika menghubungkan scanner secara Wireless untuk dapat mengontrol scanner menggunakan smart devices seperti smartphone dan tablet, karena beberapa kali terjadi delay selama proses pemindaian berlangsung dan membuat proses memakan waktu yang lebih lama ketimbang secara langsung menggunakannya dengan PC.

Walau begitu, beberapa kekurangan di atas dapat tertutupi dengan fitur serta kelebihan yang ditawarkan dari Canon imageFORMULA DR-C225W document scanner. Bagi pengguna yang membutuhkan sebuah ADF scanner untuk melakukan scan terhadap dokumen dengan ukuran serta kapasitas tidak terlalu banyak dengan cepat serta membutuhkan scanner yang tidak terlalu memakan tempat, Canon imageFORMULA DR-C225W bisa menjadi salah satu alternatif ADF scanner yang cocok untuk dimiliki.

Harga Canon imageFORMULA DR-C225W document scanner adalah USD 1000.

Kelebihanuntuk :

  • Bentuk yang compact dan ringkas serta relatif ringan, cocok untuk ruang kerja terbatas.
  • Kecepatan proses pindai untuk dokumen hitam putih tergolong cepat.

Kekurangan:

  • Paper tray hanya mampu menampung 30 lembar kertas dalam sekali proses.
  • Tergantung kecepatan dan kestabilang konektivitas, proses pemindaian melakukan smart devices terkadang terjadi delay.
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…