in: News | November 17, 2014 | by: Ozal

IBM dan Nvidia Bantu AS Bikin Superkomputer Tercepat

Departemen Energi Amerika Serikat baru saja menggelontorkan dana sebesar US$ 325 juta ke IBM dan Nvidia. Dana tersebut akan digunakan oleh mereka untuk membangun superkomputer tercepat di dunia pada 2017 yang mampu mengalahkan superkomputer dari China, Tianhe-2 yang didukung oleh CPU Intel Xeon.

ibm

Rencananya, mereka akan menciptakan dua superkomputer yang masing-masing dijuluki ‘Sierra’ dan ‘Summit’. Kedua superkomputer itu diharapkan dapat menampilkan tingkat komputasi 100 petaflop dan 150 petaflop. Sebagai perbandingan, rekor tercepat yang diraih Tianhe-2 ialah 55 petaflop.

Superkomputer hasil kolaborasi keduanya bakal didukung chip OpenPower IBM dan chip grafis terbaru Nvidia yang dijuluki Volta. IBM menjanjikan, kinerja superkomputer mereka nantinya bakal jauh lebih baik berkat arsitektur data-centric baru sehingga mampu melakukan “konvergensi analisis, pemodelan, dan visualisasi”.

Peruntukkannya sendiri, Sierra ditujukan untuk simulasi senjata nuklir di Lawrence Livermore National Laboratory, California. Sedangkan Summit akan dibangun untuk kepentingan sipil dan ilmiah di Oak Ridge National Laboratory di Tennesse.

Para ilmuwan menangani tantangan besar dari kuantum ke global dan lalu ke skala galaksi. Kerja mereka tergantung pada peningkatan superkomputer yang lebih kuat. Melalui penemuan akselerasi GPU, kami telah membuka jalan untuk superkomputer. Ini juga memberikan para ilmuwan sebuah alat untuk penemuan selanjutnya yang tak terbayangkan.” kata CEO Nvidia Ken-Hsun Huang.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES