in: News | November 18, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Intel Akan Gabungkan Divisi Pengembangan Chip Mobile dan Desktop

Melihat tren pasar komputer di mana jarak antara perangkat tablet dengan laptop semakin menipis, Intel, raksasa chip dunia, akan menggabungkan divisi pengembangan chip untuk perangkat mobile dan desktop. Penggabungan itu akan terjadi di awal tahun 2015 mendatang melalui divisi baru yang disebut Client Computing Group. Nantinya, divisi tersebut akan menangani pengembangan prosesor Core dan Atom.

intel-logo

Keputusan Intel untuk menggabungkan pengembangan chip mobile dan desktop tersebut terungkap dari email internal yang dikirimkan sang CEO, Bryan Krzanich, ke seluruh karyawan. Perwakilan Intel, Chuck Mulloy, menyebutkan bahwa penggabungan tersebut akan memungkinkan komunikasi yang lebih efisien antar tim pengembangan chip. Selain itu, pengembangan chip di satu atap ini memungkinkan Intel bereaksi lebih cepat untuk mengakomodasi kebutuhan pasar.

Sejauh ini, Intel memang memiliki tim terpisah untuk mengembangkan lini Core untuk desktop dan laptop serta Atom untuk perangkat mobile. Namun, munculnya produk seperti Celeron dan Pentium dengan basis arsitektur yang digunakan di Atom untuk perangkat mobile dan juga Core M yang akan segera hadir membuat jarak antar prosesor buatan perusahaan tersebut menjadi lebih dekat. Hal itulah yang juga mendorong munculnya keputusan ini.

Intel sendiri hingga saat ini menjadi raja di pasar prosesor untuk performa tinggi, seperti di desktop dan laptop. Namun, untuk pasar perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, mereka masih kesulitan membendung ARM. Strategi baru ini, ditambah dengan beberapa hal lain yang mereka lakukan, diharapkan dapat mempersempit jarak mereka dengan ARM.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES