JagatReview AMD OC Challenge – Part 2: Lomba OC AMD Khusus Mahasiswa
Mengulang kesuksesan acara JagatReview AMD OC Challenge yang pertama beberapa waktu lalu, JagatReview.com bekerjasama dengan AMD dan Universitas Gunadarma, serta segenap sponsor lainnya, mempersembahkan sebuah kompetisi overclocking yang diberi nama JagatReview AMD OverClocking Challenge. Kompetisi overclocking ini akan berlangsung di Universitas Gunadarma pada hari Rabu, tanggal 19 November 2014, dan hanya boleh diikuti oleh para overclocker yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa aktif.
Sebelum mengikuti ajang kompetisi overclocking tersebut, para peserta nantinya bisa mengikuti sesi Workshop Overclocking terlebih dahulu. Pada sesi tersebut, para peserta akan disuguhkan beragam informasi seputar overclocking dari pembicara yang cukup ahli dibidangnya dari JagatReview OC Team, yakni Alva “Lucky_n00b” Jonathan.
Pendaftaran
Overclocker yang ingin berpartisipasi dalam AOCC di Universitas Gunadarma ini harus memenuhi syarat sebagai berikut:
- Peserta merupakan Warga Negara Indonesia(WNI) dan berstatus mahasiswa aktif dalam kegiatan perkuliahan, yang belum dinyatakan lulus oleh universitasnya.
- Kompetisi diikuti dengan format tim berisi 2 (dua) orang. Kedua peserta HARUS berasal dari kampus yang sama
Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengirimkan email ke daftar@jagatreview.com dengan subjek “AOCC – Universitas Gunadarma” dengan menyertakan informasi sebagai berikut:
- Nama Tim
- Nama & Nickname Peserta 1
- No. Telp Peserta 1
- No. Tanda Pengenal (SIM/KTP) Peserta 1
- Nama & Nickname Peserta 2
- No. Telp Peserta 2
- No. Tanda Pengenal (SIM/KTP) Peserta 2
Sertakan juga foto/scan KTP dan Kartu Mahasiswa yang masih berlaku dalam email tersebut!
AOCC – Universitas Gunadarma
1. Peraturan Umum
- Peserta DILARANG membawa catatan / note ke dalam arena lomba dalam bentuk apapun (media kertas, foto dalam smartphone/tablet, etc). Panitia akan memberikan kertas kosong dan alat tulis untuk peserta pada hari lomba untuk keperluan mencatat
- Peserta dihimbau untuk TIDAK menggunakan alat komunikasi elektronik (kecuali untuk keadaan darurat) di dalam arena ketika saat lomba, komunikasi harap dilakukan di LUAR arena lomba.
- Setiap tim akan menerima 1 (satu) set hardware, yang terdiri dari masing-masing 1 (satu) CPU, 1 (satu) Mainboard, 1 (satu) set memori DDR3, 1 (satu) buah perangkat storage, dan 1 (satu) buah PSU serta stock CPU heatsink.
- Panitia akan memastikan bahwa SEMUA peralatan yang disediakan untuk peserta akan berfungsi normal sebagaimana mestinya sebelum lomba dimulai. Peserta TIDAK akan mendapatkan ganti apabila hardware yang digunakan rusak setelah lomba berjalan.
- Apabila OS yang disediakan dalam storage rusak setelah lomba dimulai, peserta diberikan kesempatan untuk meng-clone HDD-nya pada clone station yang disediakan panitia, tanpa tambahan waktu.
- Peserta DILARANG mengganti VERSI BIOS dari setiap motherboard yang digunakan.
- Peserta DILARANG KERAS mengganti resolusi benchmark 3DMark selain yang ditetapkan dari default-presetnya.
- Peserta DILARANG KERAS membawa dan menggunakan eksternal storage milik sendiri. (USB Flash Drive, USB HDD/SSD, USB Optical Drive). – INSTANT DISQUALIFICATION bagi yang melanggar rule ini–
- Semua bentuk modifikasi hardware (hardmod) TIDAK diijinkan pada kontes ini. Lapping IHS CPU atau membuka IHS CPU juga TIDAK DIIJINKAN
- PESERTA TIDAK DIPERKENANKAN MEMBUKA CPU DARI SOKETNYA.
- Tindakan tidak sportif, tindakan yang mengganggu jalannya perlombaan serta tindakan yang mengganggu peserta lain akan dikenakan sanksi WARNING. Tim yang menerima 3 (tiga) kali warning berturut-turut akan DIDISKUALIFIKASI.
- Sebagai aturan umum, rule Hwbot.org berlaku pada semua benchmark yang digunakan. Semua aksi yang melibatkan CHEATING (mipmap force disable, speedhack, mengedit screenshot, dsb) akan mengakibatkan KEDUA personil dalam tim untuk DIDISKUALIFIKASI dari pertandingan dan semua skornya diNOLkan.
- Master Judge BERHAK untuk meminta setiap tim untuk mengulang hasil benchmarknya untuk tujuan verifikasi.
- Pada benchmark 3DMark, skor Benchmark yang naik drastis karena terjadi artifak/layar blank HARUS bisa diulang untuk membuktikan bahwa skor tersebut valid, bukan ‘bugged run’.
- Keputusan Master Judge adalah FINAL dan tidak dapat diganggu-gugat.
2. Perlengkapan yang Boleh Dibawa Peserta
Peserta diperbolehkan membawa:
- Thermal Paste (catatan: thermal paste liquid metal seperti Indigo Extreme dan Coollaboratory LiquidPro berpotensi merusak struktur heatspreader pada CPU, sehingga TIDAK boleh digunakan)
- Cooling equipment untuk CPU, terbatas pada heatsink fan dan watercooling closed-loop
- Peralatan seperti obeng, tang, dsb
- Kabel SATA
- Multitester/DMM
- Debug/POST-Code LED
- UPS (Uninterruptible Power Supply)
- AVR (Automatic Voltage Regulator)/Stabilizer
Peraturan Tambahan Mengenai Watercooling:
- Definisi singkat watercooling ‘closed-loop’ disini adalah watercooling yang TIDAK menggunakan RESERVOIR TERBUKA(misal: ember,dsb). Custom watercooling parts DIIJINKAN selama semua komponen pendingin(waterblock,pump,reservoir,radiator) beserta interkoneksi-nya tertutup.
- Panitia menghimbau untuk semua pengguna custom watercooling untuk melakukan pengisian air / coolant di LUAR arena lomba SEBELUM lomba berlangsung supaya mengurangi resiko tumpah/bocor.
- Peserta hanya diijinkan menggunakan waterblock pada komponen CPU saja. Penggunaan waterblock pada VRM motherboard, PCH/chipset motherboard, dan RAM TIDAK DIIJINKAN.
- Penggunaan pendingin aktif (misal: TEC/Peltier) pada komponen watercooling TIDAK DIIJINKAN.
Peraturan Tambahan Mengenai Pendingin:
- Penggunaan komponen pendingin ekstrim(seperti Es batu, Dry Ice, Liquid Nitrogen, Liquid Helium,dsb) SANGAT DILARANG dan tidak boleh ada pada lokasi kompetisi.
- Perangkat elektronik yang dapat mengubah suhu ambient dan/atau komponen PC peserta secara drastis, seperti Kulkas, AC , Waterchiller, Portable Room Cooler, Peltier/TEC, Single Stage/ Cascade Phase Change, Dry Ice Freeze Box , dsb TIDAK DAPAT digunakan pada kompetisi ini.
- Tambahan Kipas / blower DC atau AC dapat digunakan untuk pendinginan ekstra, selama mereka dinilai tidak mengganggu peserta lainnya.
3. Hardware & Software
Berikut ini adalah detail hardware yang digunakan di AOCC – Univ. Gunadarma:
- CPU: AMD A8-6600K ‘Richland’ APU
- Motherboard: MSI A88X-G45 Gaming
- RAM: APACER Thunderbird DDR3-2666 2x4GB
- VGA: Integrated (IGP) AMD Radeon HD 8570D (256 Radeon Cores)
- Storage: HDD, HGST Model TBA
- PSU: Digital Alliance Tarantula 700W 80+
- Monitor: BenQ Model TBA
- OS: Windows 7 64-bit SP1 Ultimate
Panitia menyediakan software berikut ini untuk kebutuhan lomba overclocking ini:
- CPU-Z 1.70.0, GPU-Z 0.7.9
- AIDA64 v4.60
- AMD Overdrive
- Futuremark 3DMark (2013) v1.3.708
- SuperPI XS 1.5
- Cinebench R15
4. Rundown Lomba – 19 November 2014
Perlombaan akan dilakukan di Universitas Gunadarma, Kampus D, Jln. Margonda Raya No. 100 Depok, Ruang D465. Berikut ini adalah jadwal dari lomba tersebut:
- 13:00 – 14.00 Workshop Overclock AMD / Technical Meeting Lomba
- 14:00 – 14.30 Persiapan Peserta + Undian Meja
- 14:30 – 16.30 Sesi Kompetisi
- 16:30 – 17:00 Judging dan Verifikasi
- 17:00 – 17:30 Pengumuman Pemenang
5. Benchmark
Selama kurang lebih 2 (tiga) jam pertandingan, para peserta harus berusaha mencatatkan skor sebaik mungkin di 3 buah benchmark. Empat benchmark yang akan dipertandingkan adalah sebagai berikut:
- 3DMark Ice Storm
- 3DMark Fire Strike
- SuperPI 1M
6. Scoring
Saat pertandingan dimulai dan TIMER dinyalakan, peserta boleh men-submit skor benchmark mereka dan meng-updatenya berkali-kali, selama skor tersebut dibuat pada waktu pertandingan. Saat waktu habis (menunjukkan 00:00), peserta TIDAK diijinkan untuk MENJALANKAN BENCHMARK, dan HANYA diijinkan untuk MENYELESAIKAN benchmarknya kalau masih berjalan.
Saat benchmark selesai, peserta harus membuat sceenshot validasi yang berisi:
- Untuk Benchmark SuperPi : benchmark window + Test Details, 4x CPU-Z Tab(CPU, Motherboard, Memori dan SPD).
- Untuk benchmark 3DMark Fire Strike dan 3DMark Ice Storm: benchmark window + Test Details, 4x CPU-Z Tab(CPU, Motherboard, Memori dan SPD) + 1x GPU-Z (Tab Graphics )
Di semua benchmark, peserta WAJIB menggunakan wallpaper AOCC. Panitia akan menyediakan Capture Tool tersendiri untuk memudahkan proses pengambilan screenshot.
Peserta DILARANG menyimpan screenshot lalu men-submitnya belakangan, submit skor harus dilakukan segera setelah skor ditampilkan pada layar. Setelah melakukan submission, peserta DIPERBOLEHKAN untuk menyimpan screenshot di HDD lomba sebagai alat bantu VERIFIKASI skor saat lomba berakhir. PESERTA YANG FILE VERIFIKASINYA HILANG/CORRUPT, OTOMATIS SKORNYA AKAN DITARIK DARI PAPAN SKOR.
Penting: Untuk mencegah adanya peserta yang mensubmit skor dalam keadaan default, pihak panitia akan membuat sebuah skor baseline untuk setiap benchmark. PESERTA YANG SKORNYA DIBAWAH SKOR BASELINE, TIDAK BISA MEMASUKI PAPAN SKOR. Nilai baseline ini akan diumumkan saat Technical meeting
7. Poin
- Peserta akan mendapat poin setiap akhir sesi berdasarkan posisi skornya dalam benchmark.
- Poin yang akan mereka dapatkan adalah sebagai berikut
- Posisi 1: 10 Points
- Posisi 2: 7 Points
- Posisi 3: 5 Points
- Posisi 4: 3 Points
- Posisi 5-10 : 1 Points
- Tim yang gagal mencatatkan skor benchmark pada scoreboard akan mendapat 0(NOL) Point.
- Tim yang mendapatkan TOTAL POIN TERTINGGI dari ke-4 benchmark, akan keluar sebagai pemenang.
- Seandainya ada tim yang mendapat poin total sama, pemenang akan diambil berdasarkan siapa yang mendapat skor tertinggi pada benchmark 3DMark Fire Strike.
Bagi Anda yang merasa tertantang dan ingin mencoba kemampuan untuk mengikuti kompetisi overclocking ini, langsung saja segera daftarkan tim Anda, dengan syarat bahwa tim Anda masih terdaftar sebagai mahasiswa yang masih aktif.