in: News | November 9, 2014 | by: Ozal

Microsoft Resmi Hentikan Penjualan Ritel Windows 8

Paket DVD original instalasi OS Windows 8 bakal sulit bisa ditemui di ritel-ritel toko komputer. Microsoft dilaporkan telah menghentikan penjualan ritel untuk sistem operasi Windows 8 sejak pekan ini. “Keputusan tersebut menyusul adanya batas waktu standar untuk semua seri Windows dan waktunya memang tidak lebih awal dari pendahulunya,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan.

windows 8

Keputusan yang diambil Microsoft ini juga tak lepas dari respon pasar yang terus memburuk sejak sistem operasi tersebut diluncurkan pertama kali pada 2012 silam. Penyebab utamanya ialah masalah user-interface yang masih begitu asing bagi kebanyakan pengguna Windows. Terlebih, Microsoft juga sudah mengumumkan keberadaan OS PC terbaru mereka, Windows 10, meski masih versi “Preview”.

Microsoft juga telah mengeluarkan update mayor dan mengganti versi OS tersebut menjadi Windows 8.1 pada pertengahan tahun lalu dengan membawa tampilan antarmuka yang sedikit-banyak lebih familiar dengan Windows 7. Kabar baiknya, penjualan ritel untuk paket DVD instalasi Windows 8.1 tetap dilanjutkan. Selain itu, meskipun penjualan ritel untuk Windows 8 sudah dihentikan, namun Microsoft menegaskan, OS tersebut, termasuk versi 8.1 tetap akan mendapat dukungan hingga Januari 2023 mendatang.

Sekedar informasi, menurut data yang dikeluarkan NetMarketShare belum lama ini, pangsa pasar Windows 8 dan Windows 8.1 secara gabungan masih 16,8 persen. Sedangkan WIndows 7 masih menopang pangsa pasar sebesar 53 persen. Ironisnya, OS lawas Microoft sudah berusia lebih dari satu dekade dan penjualannya dihentikan pada 2010, Windows XP masih bertahan dengan pangsa pasar 17,2 persen atau sedikit di atas Windows 8/8.1.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES