in: Storage Devices | November 15, 2014 | by: Dimas Galih Windujati

Review Western Digital Black Dual: SSD dan HDD dalam Satu Perangkat

Dalam menggunakan sebuah notebook dan ultrabook, pengguna selalu mendapatkan sebuah pilihan, menggunakan SSD yang memiliki kinerja kencang dan aman dari benturan, atau hard disk yang memiliki kapasitas besar. Hal tersebut dikarenakan sebuah notebook umumnya hanya memiliki sebuah slot storage untuk digunakan. Hal inilah yang ingin diselesaikan oleh Western Digital dengan perangkat penyimpanan terbarunya.

WD Black Dual

Western Digital memperkenalkan WD Black Dual Drive. WD Black Dual merupakan sebuah solusi di mana sang produsen memampatkan sebuah chip SSD yang digabungkan dengan hard disk. Hasilnya, pengguna akan mendapatkan sebuah SSD dan HDD pada sebuah drive. Hal tersebut membuat pengguna bisa mendapatkan manfaat kecepatan SSD yang memiliki ruang sebesar 120 GB dan hard disk dengan kapasitas 1 TB pada sebuah notebook atau ultrabook. Tujuannya adalah pengguna dapat melakukan instalasi sistem operasi pada SSD dan menaruh data mereka seperti musik, video, gambar, dan file lainnya pada sisi hard disk.

WD Black Dual - Belakang

Untuk mengaktifkan hard disk yang satu ini, Anda harus menggunakan software yang di download melalui kunci USB yang sudah ada pada paket penjualannya. Hal ini dikarenakan sistem akan mengenali WD Dual Drive sebagai sebuah perangkat sehingga bagian SSD dan HDD akan  dipisahkan dengan metode partisi saja. Oleh karena alur data yang akan keluar masuk menjadi dua kali lipatnya, kami sangat menyarankan pemasangan drive yang satu ini pada SATA 6 Gbps sehingga bandwidth yang ada dapat dipakai secara maksimal. Perlu diketahui bahwa WD Black Dual memiliki ketebalan 9,5 mm sehingga tidak semua notebook dan ultrabook dapat menggunakan drive yang satu ini. Jadi, periksa notebook Anda terlebih dahulu sebelum mengganti media penyimpanan internal.

Paket Penjualan

Beginilah paket penjualan dari WD Black Dual Drive

 

 

WD Black Dual - Kemasan 

WD Black Dual - Kemasan Belakang 

Di dalam paket penjualan tersebut dapat ditemukan perlengkapan seperti berikut ini:

WD Black Dual - USB Key
USB Key
WD Black Dual - SATA to USB 3.0
SATA to USB 3.0
WD Black Dual - Buku Manual
Buku Manual

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

  • Storage: Kingston HyperX 3K SSD

HyperX_3K_SSD_Image_HyperX_3K_SSD_Angle_hr_20_07_2012_00_22

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES