in: News | November 16, 2014 | by: Ozal

Smartphone dengan Wireless Charging Intel Hadir 2015

Smartphone yang menggunakan solusi teknologi pengisian baterai secara nirkabel (wireless charging) dari Intel diharapkan akan tersedia mulai awal tahun depan. Lalu tak lama setelah itu, teknologi tersebut akan hadir perangkat tablet dan laptop.

charging

General Manager of Wireless Charging Intel, Kumar Chinnaswamy mengatakan, sertifikasi untuk beberapa smartphone yang menggunakan teknologi wireless charging sudah siap dihadirkan. Rencananya, handset perdana yang mengadopsinya akan diluncurkan pada semester pertama 2015.

Sementara itu, untuk perangkat yang membutuhkan tingkat daya yang lebih tinggi, seperti tablet dan notebook, direncanakan mulai dirilis pada semester kedua tahun depan. Untuk laptop sendiri, teknologi tanpa kabel itu akan memulai debutnya pada perangkat dalam kategori mid-range dan high-end, sedangkan untuk model entry-level baru akan hadir pada 2016 atau 2017-nya.

Kumar tidak menjelaskan lebih lanjut, apakah teknologi tersebut hanya dikhususkan hadir untuk perangkat dengan SoC Intel saja atau sepaket dengan “Intel Intel” atau juga melisensikannya ke vendor lain yang tidak menggunakan SoC non-Intel. Sejumlah teknologi dan keunggulan solusi wireless charging yang ditawarkan Intel dibanding produk sejenis yang sudah ada juga belum diketahui pasti.

Sekedar informasi, Intel bukan satu-satunya perusahaan yang mengembangkan dan tertarik dalam solusi wireless charging. Perusahaan chip itu bergabung bersama Qualcomm, Samsung, Taiwan, Asus, hingga Foxconn dalam sebuah organisasi bernama, Alliance for Wireless Power (A4WP). Tujuan dari organisasi itu ialah menghadirkan perangkat mobile dan PC yang bebas kabel, seperti adaptor pengisi daya, keyboard, harddisk, mouse, hingga monitor. Saat ini, A4WP sudah memiliki anggota sebanyak 135 perusahaan.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES