in: Otomotif | November 22, 2014 | by: Ozal

Tahun Depan Mobil Non-BBM Toyota Sudah Bisa Dibeli

Mobil dengan bahan bakar non minyak, selain listrik, tampaknya sudah tidak lagi dirancang dalam bentuk konsep. Toyota dilaporkan siap memasarkan mobil perdana mereka berbahan bakar gas hidrogen, Toyota Mirai pada 2015.

toyota

Toyota Mirai berjenis sedan empat pintu itu bakal dijual dengan harga US$ 57.500 atau hampir Rp 700 juta. Akan tetapi, bila seandainya permintaannya makin melonjak, Toyota akan mendorong harga Mirai di bawah US$ 45.000.

Salah satu keunggulan mobil hidrogen dibanding bahan bakar alternatif lainnya ialah pengisian ulang bahan bakarnya hanya memakan waktu lima menit saja. Ini jauh lebih cepat dari pengisian daya penuh mobil listrik yang dapat memakan waktu hingga satu jam lebih. Selain itu, mobil bertenaga hidrogen dengan sekali pengisian selama lima menit itu dapat menempuh jarak hingga 482 kilometer.

Toyota Mirai sendiri dibekali teknologi sel bahan bakar dari hidrogen. Sel bahan bakar tersebut dikonversi menjadi tenaga listrik sehingga dapat membuat mobil melaju di jalan raya, seperti mobil berbahan bakar minyak pada umumnya. Toyota pun mengklaim, seperti dikutip dari The Verge, mengingat Mirai tidak menggunakan bensin, maka proses akhir pembakaran hanya akan mengeluarkan uap air saja sehingga jauh lebih ramah lingkungan.

toyota 2

Toyota Mirai baru akan tersedia di California, Amerika Serikat saja. Pada akhir 2015 nanti, sedikitnya bakal ada 20 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen yang sudah dibangun dan tersebar di New York, New Jersey, Massachusetts, Connecticut, dan Rhode Island.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES