in: News | December 5, 2014 | by: Reza Afrian Ramadhan

AOCT 2014 The Final Battle: Hardware yang Digunakan

Background

Gelaran Amateur Overclocking Tournament, atau lebih dikenal dengan AOCT, di penghujung tahun 2014 sebentar lagi akan dimulai. AOCT yang diadakan oleh JAGATReview, bersama dengan sponsor pendukung, yaitu Intel, Asus, MSI, Gigabyte, Corsair, Silicon Power, dan Dell adalah lomba overclocking yang diadakan khusus untuk overclocker pemula, sehingga membuka peluang bagi para overclocker baru untuk mencatatkan prestasi. Seperti yang Anda ketahui, AOCT tak akan berhasil jika tak didukung hardware yang bias dikatakan kompeten di bidang overclocking. Nah untuk itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas hardware yang digunakan saat dilakukannya AOCT 2014 The Final Battle ini. Apa saja komponen tersebut? Yuk mari kita bahas satu persatu hardware yang akan digunakan di lomba AOCT The Final 2014!

Prosesor: Intel Pentium G3258 (Pentium Anniversary Edition)

pentium-box

 

G3258_Defaults

 

Intel Pentium G3258 adalah sebuah prosesor Pentium dengan multiplier yang tidak dikunci sehingga mendukung overcloking! Yup, prosesor Intel yang merupakan kelas value tersebut diciptakan dalam rangka memperingati ulang tahun Pentium ke-20 dan juga melalui pertimbangan banyaknya peminat yang menginginkan prosesor murah namun bisa di -verclock. Alhasil, Intel menciptakan sebuah prosesor dual-core yang juga menggunakan arsitektur Haswell dengan multiplier yang dapat diubah dengan mudah. Prosesor murah ini pun menjadi sangat menarik, mengingat potensi overclocking baik dari segi prosesor maupun memori yang terbuka lebar.

Mengenal Berbagai Voltase dalam Pentium G3258 (Haswell)

Salah satu kunci untuk mencapai clock CPU yang tinggi pada kompetisi overclocking adalah mengenal parameter voltase-voltase yang berada dalam sistem. Tentunya, overvoltage pada tempat yang tepat akan menghasilkan overclockability yang lebih baik.

Salah satu perbedaan utama dari prosesor Haswell dibandingkan generasi sebelumnya adalah iVR(Integrated Voltage Regulator). Komponen iVR yang terletak di dalam CPU ini akan mengerjakan sebagian besar tugas regulasi daya dari CPU Haswell.

Umumnya, ada 6(enam) rail voltase utama dalam CPU yang akan diatur oleh iVR ini, yakni :

  1. CPU Core Voltage(VCore)
  2. CPU Ring Voltage / CPU Cache Voltage (VRing)
  3. CPU Integrated Graphics Voltage (Vgfx/Vaxg)
  4. CPU IO Voltage Analog (VIOA)
  5. CPU IO Voltage Digital (VIOD)
  6. CPU SA Voltage (VSA)

Pengaturan voltase yang tepat kepada 6 (enam) rail ini nantinya akan menjadi salah satu kunci pencapaian skor yang optimal pada kontes AOCT 2014 The Final Battle. Perlu diingat juga, pemberian voltase yang berlebihan pada prosesor tentunya akan berpotensi merusak prosesor itu sendiri, atau membuatnya jadi terlalu panas sehingga prosesor itu mengalami throttling (penurunan multiplier karena suhu terlalu tinggi).

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES