in: News | December 29, 2014 | by: Dian Syarifuddin

Badan Sensor China Blokir Akses Gmail

gmail

Badan sensor internet di China memang terkenal sangat ketat. Bahkan negara yang dijuluki sebagai negeri tirai bambu tersebut hingga saat ini dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem sensor yang paling sempurna di dunia.

Setelah melakukan beberapa penyensoran super ketat terhadap layanan mesin pencari Google dan YouTube, kini pemerintah China melalui badan sensornya, akan menutup akses layanan email milik Google yaitu Gmail. Sebelumnya, pemerintah China sempat melakukan pemblokiran terhadap layanan email Gmail terhadap beberapa aktivis China. Namun kali ini, pemblokiran akses email milik Google tersebut secara resmi diblokir secara menyuluruh.

Menurut berita yang kami sadur dari Ubergizmo, pemblokiran akses layanan Gmail ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh badan sensor China. Bahkan pemblokiran tersebut sudah sampai ke tingkat IP. Ini artinya, akan ada sekitar 1.3 miliar pengguna di China tidak bisa mengakses layanan email Gmail pribadinya.

Sebelumnya, China juga sudah memblokir beberapa layanan sosial media ternama seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Namun pemblokiran terhadap Instagram yang dilakukan pemerintah China, baru dilakukan pada awal Oktober lalu, akibat adanya aksi demo yang terjadi di Hong Kong.

Alasan pemerintah China menutup Instagram tampaknya dikarenakan aksi demo para warga Hong Kong yang memposting foto-foto aksi demonya, sebagai wujud dari penolakan diri mereka sebagai warga negara China, setelah bertahun-tahun berada di bawah kekuasaan Inggris.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES