in: News | December 18, 2014 | by: Fernando B. Sitorus

Patch Kartu Grafis NVIDIA untuk Limitasi RGB Bug

nvidia-logo

Apakah Anda pengguna kartu grafis NVIDIA yang menggunakan konektor HDMI? Jika demikian, mungkin sebagian dari Anda ada yang merasa kurang mendapatkan range warna RGB yang maksimal. Ternyata, hal tersebut diketahui bahwa kartu grafis NVIDIA secara default terlimitasi di level 16-235 differentation per color ketika menggunakan konektivitas HDMI dengan beragam jenis monitor.

Limitasi warna RGB ini sebenarnya didesain untuk monitor TV yang menggunakan range warna RGB 16- 235. Sementara pada monitor full RGB mempunyai range warna dari 0-255 level warna RGB. Sehingga secara visual, banyak warna terbuang ketika Anda menggunakan konektivitas HDMI, dan warna apapun dari range 16 ke bawah yang disajikan akan diterjemahkan sebagai level 16 saja, dan range 235 -255 hanya akan diterjemahkan ke 235.

Bertahun-tahun, bug grafis ini ternyata sudah ada pada driver grafis NVIDIA dan tak pernah ada perubahan dan solusi dari produsen grafis ternama tersebut. Akan tetapi, seorang modding bernama Peter “Durante” Thoman, yang peduli akan hal ini membuat patch untuk memecahkan masalah tersebut.

Pihak NVIDIA sebenarnya sudah menanggapi akan masalah tersebut dan siap memberikan Patch resmi dari NVIDIA di dalam driver mereka. Namun saat ini, Patch tersebut masih dalam tahap pengembagan.

Bila Anda penasaran ingin mengetahui apakah monitor yang Anda gunakan mendapatkan limitasi RGB atau tidak, Anda bisa melihat pada gambar yang didapatkan dari salah satu situs berikut ini sebagai acuan. Jika Anda melihat hanya warna hitam dan putih maka RGB monitor Anda terlimitasi, dan Anda bisa mencoba menggunakan patch yang dibuat oleh Peter “Durante” yang dapat di unduh disini http://blog.metaclassofnil.com/?p=83

Semoga pihak NVIDIA bisa dengan cepat mengeluarkan Patch masalah grafis ini yang sudah bertahun-tahun tak kunjung terselesaikan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES