in: Storage Devices | December 22, 2014 | by: Dian Syarifuddin

Review WD My Book Duo 12TB: Berkapasitas Besar dengan Kinerja yang Mumpuni

Sebagai salah satu produsen storage termuka di dunia, WD (Western Digital) dengan perangkat media penyimpanan miliknya yang ada di pasaran saat ini sudah semakin beragam dan inovatif. Beragam fitur canggih serta kapasitas yang ditawarkan, membuat jajaran produk dari WD yang hadir selalu menarik untuk dibahas. Kali ini, kami kedatangan salah satu produk media penyimpanan eksternal milik WD yang bernama WD My Book Duo.

DSCF0024

Secara tampilan, perangkat penyimpanan eksternal ini bisa dikatakan mirip dengan produk WD lainnya yang sudah sempat kami bahas, yaitu WD MyCloud EX2. Akan tetapi, WD My Book Duo ini dilengkapi dengan kapasitas yang lebih besar oleh sang produsen, yakni 12 TB. Selain kapasitas yang besar, perangkat yang menggunakan interface USB 3.0 sebagai konektornya, juga dilengkapi dua buah slot USB 3.0. Pada artikel ini, kami akan mencoba menguji beberapa fitur yang dimiliki, serta performanya dalam melakukan transfer file. Namun sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan serta paket penjualan dari WD My Book Duo berikut ini.

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

kingston-8go-1600mhz-ddr3-hyperx-blu-cl91

  • Storage: Kingston HyperX SSD 120GB

kingston-hyperx-3k

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

corsair cx500 400px

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

Paket Penjualan WD My Book Duo

DSCF0021

DSCF0028

DSCF0032

Kemasan dari paket penjualan WD My Book Duo terbilang cukup lengkap dengan boks berwarna biru. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, WD My Book Duo tidak dilengkapi dengan tombol apapun oleh sang produsen. Tepat di bagian depan ada tiga buah lampu indikator, mulai dari lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing-masing harddisk yang terdapat didalamnya.

Di bagian belakangnya, terdapat satu buah slot power, slot konektor USB 3.0 serta dua buah slot USB 3.0 yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan transfer file melalui perangkat lainnya seperti HDD eksternal atau Flash disk.

DSCF0039

Tersedia juga buku manual petunjuk penggunaan, satu buah kabel konektor dengan interface USB 3.0 dan konektor adapter yang memiliki 3 tipe penggunaan.

DSCF0041

DSCF0043

Konektor adapter yang disediakan oleh WD tersedia dalam 3 tipe penggunaan. Sayangnya WD tidak menyertakan konektor yang biasa digunakan atau sesuai dengan standar soket listrik di Indonesia.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES