in: News | January 19, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Apple Akan Gunakan Prosesor ARM untuk Mac di Masa Depan?

Sejak sekitar tahun 2006 lalu, Apple memutuskan untuk menggunakan prosesor Intel untuk memperkuat jajaran produk mereka. Prosesor Intel masih terus digunakan untuk produk-produk terbaru mereka, termasuk untuk keluarga iMac, Mac Mini, MacBook, MacBook Air, dan beberapa produk lain. Namun, berdasarkan perkiraan dari analis, Apple mungkin saja akan meninggalkan prosesor Intel di produk Mac di masa depan untuk sebagian produk mereka.

apple-12q2-macbook-pro-ret-angleopen-lg

Dari perkiraan analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, yang disebut dekat dengan Apple, Apple disebut akan mulai meninggalkan Intel agar mereka lebih mudah melakukan kontrol terhadap chip yang akan digunakan di perangkat kreasi mereka. Hal itu akan mulai terjadi sekitar 1-2 tahun lagi, saat prosesor berbasis ARM dari Apple sendiri memiliki performa mendekati solusi Intel yang ada saat ini. Walaupun begitu, Apple mungkin hanya akan menggunakan opsi tersebut untuk beberapa produk kelas menengah mereka, bukan untuk produk kelas atas.

Prosesor Intel sendiri disebut telah berhasil membantu Apple menghasilkan produk Mac yang berkemampuan tinggi. Namun, langkah Intel menunda perilisan prosesor Broadwell di tahun 2014 lalu membuat Apple terpaksa menunda perkenalan kreasi baru mereka. Hal itulah yang menjadi dasar dari kemungkinan Apple memperkenalkan Mac dengan prosesor berbasis ARM kreasi mereka sendiri.

Intel sendiri hingga beberapa waktu lalu menyatakan bahwa mereka tengah berada dalam kerja sama yang harmonis dengan Apple. Kerja sama tersebut diperkirakan tidak akan berakhir begitu saja. Namun, untuk variasi produk yang lebih baik, Apple mungkin akan menghadirkan varian produk dengan prosesor berbasis ARM.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES