in: News | January 30, 2015 | by: Yufianto Gunawan

Beberapa Kode “Terkait” Produk Mendatang dari AMD Bermunculan

Beberapa kode yang disebut merupakan kode yang akan digunakan AMD untuk menyebut beberapa produk mereka yang akan datang muncul ke permukaan. Beberapa waktu lalu, sumber di Internet menyebutkan kode seperti Godavari, Bristol Ridge, Summit Ridge, Arctic Islands, dan Zen. Kode-kode tersebut disebut terkait dengan beberapa produk mendatang dari AMD, termasuk CPU, APU, dan GPU baru mereka.

AMD-chips

Kode Godavari disebut merupakan penerus Kaveri yang selama ini banyak dibahas dengan nama Kaveri Refresh. APU keluarga Godavari disebut akan menggunakan dasar yang sama dengan Kaveri, tetapi dibekali dengan core clock dan GPU clock yang lebih tinggi. Produk APU tertinggi dari Godavari disebut akan menggunakan nama A10-8850K dan akan dirilis pertengahan tahun ini, mungkin saja bertepatan dengan Computex 2015.

Sementara kode Zen dan Summit Ridge disebut berkaitan dengan prosesor baru dari AMD. Zen merupakan kode dari arsitektur baru yang akan digunakan dalam CPU keluarga Summit Ridge. Zen disebut akan menjadi arsitektur baru AMD untuk menggantikan keluarga Bulldozer yang digunakan saat ini. Nantinya, arsitektur tersebut akan menjadi inti dari prosesor AMD, baik CPU maupun APU, dengan basis soket FM3 dan memori DDR4. CPU Summit Ridge dengan arsitektur Zen diperkirakan akan dirilis pada tahun 2016 mendatang.

Bristol Ridge disebut merupakan kode APU penerus Kaveri untuk desktop. APU Bristol Ridge akan menggunakan konfigurasi yang mirip dengan APU Kaveri untuk desktop yang ada saat ini. APU tersebut akan menggunakan core Excavator, penerus dari Steamroller di Kaveri, dan diperkirakan akan kompatibel dengan soket FM3 dan DDR4 seperti CPU Summit Ridge yang akan dirilis di waktu yang berdekatan.

Terakhir, kode Arctic Islands disebut sebagai nama dari keluarga GPU Radeon Rx 400 Series. Rx 400 Series disebut akan menjadi penerus dari Pirate Islands yang hingga saat ini belum dirilis dan diperkirakan akan mulai muncul di paruh kedua tahun 2016 mendatang. Belum banyak yang diketahui dari sisi spesifikasi Rx 400 Series, kecuali GPU dari keluarga itu akan diproduksi dengan fabrikasi 14 nm dari GlobalFoundry.

Hingga saat ini, seluruh kode tersebut belum resmi diumumkan oleh pihak AMD sendiri. Pihak AMD juga belum memberikan konfirmasi mereka terkait kebenaran dari kode-kode tersebut beserta deskripsinya.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES