in: News | January 14, 2015 | by: Irham

Cyber Crime Gunakan iPod Nano Sebagai ‘ATM Skimmer’

ipod-nano-atm-640x360

Di tangan orang awam, perangkat multimedia seperti iPod Nano mungkin hanya digunakan untuk keperluan hiburan terutama bagi penggila musik. Namun siapa sangka di tangan para hacker dan cyber crime, alat ini bisa digunakan untuk menjalankan aksi kejahatan mereka.

Seperti kasus yang ditemukan di Inggris, kepolisian setempat menemukan barang bukti berupa iPod Nano yang digunakan sebagai ‘ATM Skimmer.’ ATM Skimmer adalah alat kejahatan pengguna yang diletakan pada mesin ATM untuk mencurangi ataupun mencuri informasi dari mesin uang tersebut.

Kepolisian Manchester mengklaim bahwa kali ini cyber crime menggunakan iPod Nano untuk merekam aktivitas pengguna yang memasukan kode PIN mereka saat melakukan transaksi. Selain itu cyber-crime juga meletakan semacam scanner berbahan plastic yang melekat di slot kartu ATM yang selanjutnya digunakan untuk menggandakan kartu ATM pengguna.

Pihak kepolisian Manchester melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi adanya korban dari aksi para pencuri ini. Meski saat ini kebanyakan transaksi telah dilakukan para nasabah secara mobile menggunakan smartphone pribadi mereka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES