in: News - Overclocking | January 13, 2015 | by: Reza Afrian Ramadhan

DDR4 G.SKILL Catatkan Rekor Dunia Kecepatan Memori

Nama G.Skill sejauh ini memang identik dengan produk RAM berperforma tinggi di dunia komputer. Beberapa waktu lalu, G.Skill kembali mengukuhkan diri sebagai produsen RAM terkemuka berkat catatan rekor yang mereka buat. Produk DDR4 dari G.Skill disebut baru saja mencatatkan rekor kecepatan memori di angka DDR4-4255 MHz!

2277_53f6f7cee617c

Kecepatan memori 4255 MHz tersebut dicatatkan Senin, 12 Januari 2015 oleh pengguna ID “Shamo”. Untuk catatan tersebut, dia menggunakan satu keping G.Skill Ripjaws 4 Series dengan kapasitas 4 GB. Hardware lain yang digunakan adalah prosesor Intel Core i7-5960X dan motherboard Asus Rampage V Extreme berchipset X99. Tentu saja, seluruh perangkat tersebut didinginkan dengan liquid nitrogen (LN2).

Capaian kecepatan memori 4255 MHz tersebut dicatatkan oleh Shamo dengan konfigurasi timing CL18-18-18-63. Untuk membantu capaian kecepatan tersebut, Shamo hanya menggunakan kecepatan prosesor 1595.76 MHz dengan BCLK 132.98 MHz. Berdasarkan catatan dari situs HWBOT.org, catatan tersebut memang menjadi yang tertinggi untuk DDR4 hingga saat berita ini ditulis.

Persaingan memperebutkan kecepatan memori tertinggi di DDR4 memang cukup panas dalam waktu beberapa bulan terakhir ini. Beberapa produsen periferal, baik motherboard maupun memori, mencoba untuk meraih kecepatan tertinggi di kelas tersebut dan sebagai imbasnya, terjadi beberapa kali pemecahan rekor baru dalam beberapa bulan ini. Catatan baru yang dipublikasikan G.Skill ini kini unggul tipis atas catatan sebelumnya, berbeda sekitar 2 MHz saja.

Hal ini membuktikan bahwa G.Skill memang serius mendesain Ripjaws 4 Series mereka untuk kebutuhan overclocking. Oleh karena itu, tampaknya tidak salah bila kami menganugerahkan award bagi salah kit Ripjaws 4 Series beberapa waktu lalu.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES