in: News | January 13, 2015 | by: Ozal

Facebook Diketahui Tertarik Investasi di Xiaomi

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan CEO Xiaomi Lei Jun dilaporkan sedang membahas potensi kerja sama investasi strategis sejak tahun lalu.

Lei Jun, founder and CEO of China's mobile company Xiaomi Inc, introduces the new features of Xiaomi Phone 4 at its launching ceremony, in Beijing

Sejumlah sumber internal yang mengetahui hal tersebut, mengatakan, dikutip dari Reuters, diskusi bisnis tersebut terjadi ketika Zuckerberg datang ke China pada Oktober lalu. Kala itu, Ia menyempatkan diri, mengujungi kediaman Jun di Beijing untuk menghadiri undangan makan malam.

Zuckerberg tidak sendiri bertatap muka dengan Jun. Ia didampingi dua anak buahnya, Kepala Pengembangan Bisnis Facebook John Lagerding dan Kepala Facebook China Vaughan Smith. Keesokan harinya, Zuckerberg, bersama istrinya Priscilla Chan yang merupakan warga Amerika Serikat keturunan China, mengunjungi Unversitas Tsinghua untuk memberikan kuliah umum.

Salah seorang sumber mengatakan, Facebook dan Xiaomi sudah mulai membahas kemungkinan investasi strategis sejak pertengahan 2014 lalu. Namun hingga saat ini, hal tersebut belum terwujud. Saat Xiaomi mendapat dana investasi pihak ketiga mencapai US$ 1,1 miliar pada Desember 2014, Facebook pun tidak masuk dalam daftar investor.

Kiri: Lei Jun - Kanan: Mark Zuckerberg
Kiri: Lei Jun – Kanan: Mark Zuckerberg

Facebook sendiri sudah sejak lama memendam ambisinya memperluas ekosisitem bisnis ke China. Namun, karena masalah politik dalam negeri Pemerintah Komunis China, perusahaan internet asal AS jadi sulit bersaing di China. Hal yang sama juga tengan dialami Google dan Twitter. Sementara bagi Xiaomi, jaringan global Facebook bakal membantunya masuk ke pasar yang jauh lebih luas, seperti halnya Apple dan Samsung.

“Facebook ingin masuk ke China, dan Xiaomi tertarik untuk memperluas bisnis ke luar ngeri, sehingga mereka berdua juga mengakui pentingnya bekerja sama,” kata salah seorang sumber. Kedua belah pihak menolak berkomentar atas laporan sumber tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES