in: Power Supply | January 31, 2015 | by: Hendra Wijaya

Hands-On PSU Digital Alliance Tarantula 700 Watt

Selama ini, Digital Alliance sudah dikenal baik dan bahkan sudah memiliki nama yang besar di dunia PC rakitan Indonesia. Digital Alliance dikenal sebagai produsen VGA card berbasis GPU Nvidia GeForce dan AMD Radeon yang memiliki performa yang baik dengan harga yang terjangkau. Namun, Digital Alliance tampaknya tidak puas hanya berada di dunia VGA card saja!

Digital Alliance juga melebarkan sayap bisnisnya dan ikut terjun di dalam berbagai dunia komponen PC lain, salah satunya power supply. Salah satu produk power supply milik Digital Alliance yang dikenal dengan nama “Tarantula” beberapa waktu lalu telah hadir ke lab. JagatReview. PSU Digital Alliance Tarantula ini hadir sebagai PSU non-modular yang memiliki kapasitas daya 700 Watt dengan klaim telah memiliki efisiensi daya 80%. Kami akan membahas secara singkat produk PSU tersebut dalam artikel berikut ini!

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari power supply Digital Alliance Tarantula:

_DSC7492a
Spesifikasi rail daya dari PSU ini
DA Tarantula 3
Tabel informasi jumlah konektor yang tersedia

Galeri

DA Tarantula 1
Kemasan Digital Alliance Tarantula 700 Watt
DA Tarantula 7
Konten dari paket penjualan PSU Tarantula
DA Tarantula 8
Kelengkapan dan aksesoris

Digital Alliance Tarantula ini hanya disertai dengan kelengkapan dan aksesoris apa adanya saja, yang hanya terdiri dari kabel AC, baut, dan buku manual. Hal ini merupakan hal yang wajar dan lumrah, karena Tarantula ini merupakan PSU kelas entry level yang akan dijual dengan harga terjangkau untuk para pengguna yang ingin merakit sistem PC yang berdana terbatas.

DA Tarantula 9
Stiker logo Tarantula
DA Tarantula 10
Label spesifikasi PSU Digital Alliance Tarantula 700 watt

Digital Alliance Tarantula 700 Watt hadir dengan desain multi rail 12V+. PSU ini menggunakan 4 rail 12V+ yang masing-masing mampu memasok arus listrik sebesar 18 Ampere.

DA Tarantula 14
Bagian belakang PSU
DA Tarantula 13
Fan Pendingin berukuran 120 mm
DA Tarantula 15
Kabel-kabel dari Tarantula 700 Watt

PSU Tarantula 700 Watt ini hadir sebagai PSU yang menggukan desain kabel non-modular. Untuk sebuah PSU di kelas 700 W, Digital Alliance menyertakan cukup banyak kabel dan konektor di PSU ini. Berikut ini adalah kabel dan konektor yang tersedia:

DA Tarantula 16
Kabel power ATX 20+4 pin
DA Tarantula 17
Kabel power CPU 12V 4+4pin
DA Tarantula 18
Kabel power PCIe 6+2 pin dan 6 pin
DA Tarantula 19
Kabel power SATA
DA Tarantula 20
kabel 4-pin moleks
DA Tarantula 21
Konektor floppy power

PSU Digital Alliance Tarantula 700 Watt ini dilengkapi dengan 2 kabel power SATA yang masing-masing memiliki 3 konektor. Sedangkan untuk konektor moleks/periferal, PSU ini memiliki 2 kabel 4-pin moleks yang biasa digunakan untuk fan pendingin, optical drive lawas, sound card, ataupun untuk beberapa perangkat lain. Tersedia juga 1 konektor floppy di salah satu kabel berisi konektor moleks.

Secara keseluruhan, PSU Tarantula ini cukup menarik untuk dilirik oleh pengguna PC rakitan yang ingin membangun sebuah sistem PC yang membutuhkan power supply berdaya 700 watt dengan dana yang terbatas. PSU ini dijual di kisaran harga Rp 800 ribuan. Secara spesifikasi yang tertera, PSU ini mampu menjalankan konfigurasi multi-graphics card SLI dan CrossfireX untuk 2 card kelas menengah/mainstream. Sayangnya, walaupun memiliki spesifikasi yang cukup tinggi untuk harga Rp 800 ribu, PSU Digital Alliance Tarantula 700 Watt ini masih belum memiliki sertifikasi ataupun klaim untuk kompatibilitas terhadap penggunaan sistem prosesor Intel Haswell.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES