in: News | January 24, 2015 | by: Ozal

Merek China Kuasai 40 Persen Pasar Smartphone Global

Tahun lalu, merupakan tahun yang baik bagi merek smartphone China. Selama 2014, smartphone dari China mencatatkan pengiriman sebanyak 453,4 juta unit. Hasil tersebut setara dengan 40 persen pengiriman global smartphone dari semua merek di seluruh dunia.

smartphone-china-plug

Demikian menurut data terbaru dari perusahaan riset pasar teknologi TrendForce. Menurut periset tersebut, China berhasil menempatkan enam merek smartphone-nya dalam peringkat 10 vendor smartphone terbesar di dunia, dua di antaranya, ialah Xiaomi dan Lenovo.

TrenForce mengatakan, vendor China ini bukan hanya menarik konsumen dengan harga murah saja, namun juga dari segi kualitas dan spesifikasi. Xiaomi telah menjadi pelopor dalam hal tersebut, yang kemudian diikuti banyak rival senegaranya.

Sejauh ini, posisi pertama dan kedua, masih tak bergeming dalam dua tahun terakhir ini, yaitu Samsung dan Apple. Keduanya menopang pengiriman global dengan total 518 juta unit, seperti dilansir Computer World.

Kendati Samsung masih memimpin, namun perkembangan pasarnya saat ini sudah mulai mengkhawatirkan. Pangsa pasar global Samsung turun empat poin menjadi 28 persen. Sementara Apple masih stabil dengan pangsa pasar 16,4 persen.

TrendForce menambahkan, secara keseluruhan pasar smartphone global telah tumbuh 25,9 persen menjadi 1,17 miliar unit dibanding tahun sebelumnya. Namun untuk tahun ini, pertumbuhan pasar smartphone diprediksi bakal melambat 10 persen, kemungkinan karena ada faktor kejenuhan pasar akibat tingkat pertumbuhan pasar tahun sebelumnya begitu besar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES