in: News | January 17, 2015 | by: Ozal

Microsoft Resmi Akhiri Dukungan Utama Windows 7

Mulai pertengahan Januari tahun ini, pengguna Windows 7 (original) tidak akan lagi mendapat dukungan utama dari pihak Microsoft. Sistem operasi dengan pangsa pasar terbesar di dunia itu sudah mendekati masa pensiunnya, sejak Microsoft merilis Windows 8/8.1 dan tak lama lagi menunggu kehadiran Windows 10.

windows 7

Pengumuman pahit ini sudah ditegaskan Microsoft sejak Juli tahun lalu. Meski tidak mendapat dukungan utama yang juga memuat fitur baru, namun Microsoft menegaskan, pihaknya bakal tetap memberikan dukungan update keamanan bagi pengguna Windows 7 hingga 2020 mendatang.

Jadi, hanya dukungan utama saja yang berakhir untuk pengguna Windows 7. Dengan berakhirnya dukungan utama tersebut, pihak Microsoft juga tidak tak akan lagi menyediakan bantuan “Free Support” bila pengguna Windows 7 memiliki masalah dengan sistem operasinya. Yang berlaku ke depannya nanti hanya “Extended Support”. Itu berarti, pengguna harus membayar bila ingin mendapat dukungan langsung dari Microsoft.

Windows 7 sendiri pertama kali diumumkan pada 2009. Kehadiran Windows 7 bisa dikatakan sebagai OS perbaikan dari Windows Vista yang diluncurkan publik pada 2006 silam. Setelah enam bulan dirilis, Windows 7 berhasil mencetak angka penjualan hingga 100 juta kopi.

Pada kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan, dukungan utama untuk Windows 8 bakal berakhir pada 9 Januari 2018 mendatang. Namun menariknya, untuk dukungan patch keamanan, tidak seperti Windows 7 yang memiliki rentang waktu cukup panjang, untuk Windows 8 hanya sampai Januari 2020 saja.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES