in: News | January 31, 2015 | by: Irham

Microsoft Tanam Investasi Pada Pengembang Custom ROM Android, Cyanogen

cyanogen

Cyanogen, salah satu developer custom ROM Android ternama, baru-baru ini mendapat suntikan dana yang cukup besar. Uniknya, sesuai informasi yang disebutkan di PhoneArena.com, suntikan dana ini didapat Cyanogen dari perusahaan raksasa pembuat OS Windows yang tidak lain adalah Microsoft. Meski belum diumumkan secara resmi oleh kedua pihak, dikabarkan angka investasi yang dilakukan Microsoft pada Cyanogen sebesar US$ 70 juta.

Microsoft sebenarnya sudah lama tertarik dengan Cyanogen, beberapa rumor sebelumnya menyebutkan kalau perusahaan yang kini dipimpin Satya Nadela itu ingin mengakusisi Cyanogen. Padahal Cyanogen sendiri masih berkutat dengan pengembangan ROM Custom pada plaform Android. Android sendiri adalah platform open-source dimana sejauh ini tetap memberikan izin terbuka bagi pengembang untuk mengkustomisasi platform tersebut, dan juga memberikan akses ke layanan Google termasuk Google Search, YouTube dan Play Store.

Dengan angka investasi yang cukup besar tersebut, Microsoft tentu juga mendapat hasil dari investasi yang besar pula. Tetapi beberapa pengamat melihat bahwa Microsoft tidak sekedar menanam investasi pada Cyanogen, kemungkinan juga ingin menerapkan pengembangan kustomisasi ROM di ekosistem Windows Phone.

Kirt McMaster, CEO Cyanogen mengakui saat ini sekitar 50 juta pengguna Android di dunia telah menggunakan custom ROM versi Cyanogen. Hal tersebut membuktikan Android versi Cyanogen cukup banyak diminati oleh pengguna smartphone. Jika ini diterapkan pada Windows Phone, tentu akan memberikan pemasukan yang besar pula bagi Microsoft.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES