in: News | January 28, 2015 | by: Cerira

NASA dan Microsoft Kembangkan Teknologi Virtual untuk Eksplorasi Mars

Badan antarariksa Amerika Serikat NASA berkolaborasi dengan Microsoft menghadirkan teknologi yang disebut OnSight. Teknologi tersebut adalah menghadirkan software berbentuk robot manusia virtual yang canggih sehingga bisa digunakan untuk mengeksplorasi planet merah sebelum manusia benar-benar menginjakkan kaki di sana.

Robot virtual penjelajah Curiosity ini menggunakan teknologi tenaga paling mutakhir dari nuklir. Namun untuk tampilan datanya masih terlihat biasa-biasa saja, bahkan gambar 3D yang dihasilkan masih menggunakan stereograf yang sangat datar dan tidak terlihat adanya perspektif, kedalaman, area atau konteksnya.

nasa-microsoft-hololens-mars-image-posted-on-SpaceFlight-Insider-647x485

Nampaknya para ilmuwan pencipta teknologi OnSight ini hanya ingin mendapatkan cara untuk mempelajari data yang memungkinkan mereka untuk membuat area sekitar rover tak berawak sebagai lingkungan virtual 3D dimana peneliti bisa melihat dan mempelajari fenomena dalam konteks tersebut. Selain mempelajari data, OnSight juga bisa berlaku sebagai alat perencana yang lebih intuitif dan sebagai sistem operasi akan memungkinkan ilmuwan untuk melakukan manipulasi silumasi menggunakan perintah gesture dan menu.

Software OnSight tersebut dikembangkan oleh NASA dan Microsoft sebagai bagian dari kerjasama jangka panjang dalam mengembangkan interaksi robot manusia canggih. Software ini bekerja dengan proyek Hololens Microsoft yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu yang lalu.

Hololens merupakan komputer wearable berbasis Windows 10 yang dihubungkan dengan display 3D definisi tinggi yang dikenakan di kepala dengan lensa holografis. Dengan headset, data yang dikirimkan kembali oleh robot Curiosity dipetakan dalam lingkungan simulasi 3D dimana avatar ilmuwan bisa bertemu, berjalan-jalan dan mempelajari wilayah menggunakan augmented reality.

Menurut NASA, OnSight yang ada di Jet Propulsion Laboratory (JPL) Pasadena, California akan mulai diuji coba tahun ini untuk operasi kontrol misi Curosity. Selain itu, OnSight juga akan digunakan pada misi rover Mars tahun 2020 nanti dan berbagai aplikasi lainnya.

Dave Lavery, eksekutif program untuk misi Mars Science Laboratory menyatakan bahwa OnSight memberikan para ilmuwan rover kemampuan untuk berjalan dan mengeksplorasi Mars dari kantor mereka. Software tersebut mengubah persepsi mereka secara mendasar tentang Mars dan bagaimana mereka memahami lingkungan sekeliling Mars dari rover.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES