[PR] Raih Pekerjaan Pertama yang Anda Impikan!

Reading time:
January 19, 2015
Linkedin-Logo

Ditulis oleh Darin William, Director, LinkedIn Talent Solutions for South East Asia

Berdasarkan data yang didapat dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Indonesia akan menjadi Negara dengan jumlah lulusan sarjana terbanyak ke-5 di dunia pada tahun 2020. Dengan jumlah sarjana sebanyak itu, ditambah dengan segera dibukanya pasar tenaga kerja internasional seperti Asean Economic Community (AEC) di tahun 2015, maka persaingan para profesional muda Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan impian menjadi semakin ketat. Belum lagi mereka juga harus bersaing dengan para profesional muda dengan pengalaman kurang dari 3 tahun yang juga masih mengincar pekerjaan di level awal.

Dengan persaingan yang ketat ini, bagaimanasupaya Anda lebih menonjol agar bisa mendapatkan pekerjaan impian pertama? Mempunyai prestasi akademik dan skill luar biasa tentu akan sangat mendukung. Namun, pastinya ada banyak orang yang memiliki kemampuan sama di luar sana. Pertanyannya adalah “bagaimana agar para perekrut bisa dengan mudah menemukan saya?”

Untuk mendapatkan pekerjaan pertama yang selalu diimpikan, Anda harus memiliki strategi yang jitu agar dapat menonjol dalam persaingan. Salah satu cara efektif adalah dengan memanfaatkan LinkedIn. Sebagai jaringan profesional online terbesar di dunia, LinkedIn bisa menjadi media untuk memamerkan prestasi dan kemampuan Anda kepada perekrut maupun professional di seluruh dunia. Terlebih lagi, para perekrut dan profesional sudah mengakui bahwa jaringan profesional online adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas.

Walaupun memiliki pengalaman kerja yang minim, para profesional muda tetap dapat memanfaatkan LinkedIn sebagai sarana mendapatkan pekerjaan atau magang di tempat impian. Bagaimana caranya? Simak tips-tips berikut!

  1. Tuliskan Headline Profil Yang Menarik Dan Informatif

Headline profil LinkedIn bukan hanya sekedar untuk menuliskan jabatan dalam pekerjaan.Headline harus dibuat menarik dan mudah diingat.Headline ini bisa berupa frasa yang menggambarkan posisi saat ini dan posisi yang sedang dicari. Untuk mahasiswa atau fresh graduate misalnya, bisa menuliskan headline “Honors student seeking for marketing position” yang menunjukkan bahwa Anda adalah profesional muda yang tertarik dalam bidang marketing. Di era persaingan global ini, akan lebih baik jika isi profil LinkedIn Anda ditulis dalam Bahasa Inggris.

 

  1. Pilih Foto Yang Tepat

Profil LinkedIn dengan foto yang profesional dan memiliki resolusi tinggi terbukti 7 kali lebih banyak dilihat. Pilihlah foto dengan pakaian profesional, sendiri, dan wajah terlihat dengan jelas (namun tidak seperti foto ijazah). Pastikan Anda tidak memajang foto pesta, kartun, atau foto-foto lain yang kurang sesuai sebagai foto profil LinkedIn Anda.

 

 

  1. Pamerkan Prestasi Akademik, Kemampuan, dan Pengalaman Anda

Tuliskan semua jenjang pendidikan yang pernah Anda tempuh termasuk kursus, pengalaman belajar di luar negeri, volunteer,summer programs, dll. Jangan ragu juga untuk menampilkan berbagai macam penghargaan, hasil tes, dan bahkan IPK di profil LinkedIn Anda.

 

  1. Buat Rangkuman Profesional Tentang Diri Anda

Ketika mengisi kolom “Summary” di LinkedIn, tuliskanlah dengan baik sebuah paragraf pembuka yang berisi tentang kualifikasi Anda serta kepercayaan diri dalam mencapai tujuan professional yang Anda inginkan. Anggaplah “summary” ini sebagai elevator pitch. Jangan lupa pula untuk mencantumkan pengalaman kerja yang relevan dan kegiatan ekstrakurikuler yang pernah Anda ikuti.

 

  1. Mintalah Rekomendasi Dari Orang Lain

Profil LinkedIn yang baik setidaknya memiliki satu rekomendasi. Mintalah rekomendasi kepada orang yang pernah bekerja bersama Anda. Misalnya seseorang yang pernah Anda bantu penelitiannya atau senior di tempat Anda melakukan pekerjaan sukarela.Jika Anda tidak punya pengalaman bekerja, mintalah rekomendasi kepada dosen Anda. Rekomendasi ini akan menjadi nilai lebih Anda di mata perekrut.

 

  1. Cantumkan Portfolio Kerja Anda

Anda juga bisa menambahkan contoh nyata hasil pekerjaan Anda dalam bentuk desain, karya tulis, hasil riset, video, dsb. Apa cara terbaik menunjukkan kemampuan Anda selain menunjukkan hasil kerja?

 

  1. Manfaatkan Fitur-fitur LinkedIn Sepenuhnya

Selain mempunyai profile LinkedIn yang bisa menarik perhatian para perekrut, Anda juga bisa secara proaktif mencari pekerjaan di LinkedIn. LinkedIn menyediakan fitur Student Job yang menampilkan berbagai lowongan pekerjaan atau magang untuk mahasiswa dan fresh graduate. Untuk mengetahui lebih dalam tentang perusahaan yang dituju, mahasiswa juga bisa mengunjungi Company Pages. Jika ingin mendalami industri tertentu, Anda bisa bergabung dengan grup-grup dan mengikuti “Channel” industri tertentu. Selain itu, Anda juga bisa belajar dan menggali insight dari para influencer terbaik seperti Shinzo Abe (Perdana Menteri Jepang) dan Piyush Gupta (CEO DBS bank) di Influencers page.

Seperti yang Anda lihat, banyak hal yang bisa Anda lakukan agar bisa menonjol dalam kompetisi yang semakin ketat ini. Kuncinya, Anda harus lebih proaktif dalam memperkuat profesional brand online, seperti membangun pengetahuan dan jaringan. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda dilirik oleh perekrut dan akhirnya membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…