in: Awards - Memory - RAM | January 4, 2015 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

RAM Terbaik Tahun 2014

AWard_RAM

Pada tahun 2014 lalu, lab JagatReview me-review kurang lebih 17 (tujuh belas) memori kit, kebanyakan diantaranya bertipe DDR3, walau ada sedikit diantaranya yang bertipe DDR4. Dari semua RAM yang kami review tersebut, ada beberapa diantaranya yang memiliki kelebihan tersendiri dibanding rata-rata RAM lainnya, baik itu dilihat dari overclockability, maupun spesifikasi dan harga yang menarik. RAM yang memiliki kemampuan di atas rata-rata tersebut pastinya akan membantu meningkatkan performa PC anda, dan layak mendapat JagatReview Annual Award 2014 sebagai RAM Terbaik Tahun 2014 versi kami, dengan fokus utama pada performa out-of-the-box. Disini, kami juga memberi budget limit pada Rp 1.5 Juta Rupiah.

Berikut ini RAM-RAM tersebut:

Kingston HyperX Fury DDR3-1866 8GB Kit (2x4GB)

Seperti yang kami pernah tulis pada review HyperX Fury DDR3-1866 kami yang terdahulu, memori ini memiliki satu fitur unik yakni kecepatan DDR3-1866 tanpa setting apapun(di chipset/platform yang mendukung). Mengingat banyaknya pengguna PC di Indonesia yang masih sangat awam terhadap setting memori(dan bahkan kadang banyak yang tidak paham bagaimana menyalakan profil XMP pada memori mereka), fitur ini luar biasa menarik, karena memori anda akan langsung otomatis dikonfigurasi pada kecepatan optimal. Jika anda masih merasa kecepatan ini kurang, anda masih bisa meng-overclocknya sedikit lagi untuk mendapat performa ekstra. Anda yang suka untuk memiliki warna komponen yang serasi juga bisa memilih warna kesukaan anda, dari empat pilihan yang tersedia.

Pada mega test DDR3 kami yang terdahulu, kami sudah pernah memberinya sebuah rekomendasi. Kecepatan default yang tinggi tanpa perlu setting ini mengganjarnya JagatReview Annual Gold Award!

FURY_GOLD

 

Patriot Viper 3 DDR3-2400C11 8GB Kit (2x4GB)

Sejauh yang kami pantau, Patriot Viper 3 DDR3-2400 merupakan salah satu RAM dengan rating DDR3-2400 termurah yang beredar di pasaran Indonesia saat ini. Timing-nya memang agak longgar pada 11-13-13-31, namun kecepatannya yang ada pada DDR3-2400 tentunya dapat mengkompensasi timing longgar tersebut, dan memberikan performa baik. Pada Mega-Test DDR3 kami yang terdahulu pun, Patriot Viper 3 menempati urutan teratas dari segi performa overall.

Kecepatan DDR3-2400 menurut kami adalah kecepatan yang cukup ‘ideal’ dari segi performa maupun kompatibilitas. Kebanyakan platform modern, baik Intel maupun AMD, sekarang umumnya bisa menjalankan kecepatan DDR3-2400 tanpa beban yang berarti pada memory controller, yang membuat pengoperasian kecepatan DDR3-2400 dapat dilakukan dengan stabil.

Untuk pertimbangan performa baik dengan harga relatif murah ini, kami memberikan JagatReview Annual Silver Award padanya.

VIPER_SILVER

 

Oh ya, kedua memori ini dipilih dengan pertimbangan out-of-the-box performance, dan juga faktor harganya. Anda yang ingin mencari memori berdasarkan overclockabilitynya, dapat menyimak Overclocking Annual Award yang akan dirilis beberapa waktu mendatang. Sampai jumpa pada award berikutnya!

Tags: