in: News | January 23, 2015 | by: Ozal

Tingkat Adopsi Smartphone Akhirnya Ungguli PC

Sebelum memasuki tahun 2014, tingkat adopsi konsumen yang membeli perangkat PC baik laptop maupun PC selalu lebih besar dari smartphone. Namun kini, tidak lagi terjadi. Menurut data pasar yang dikeluarkan Digieco, untuk pertama kalinya tingkat penetrasi smartphone berhasil menyalip perangkat PC.

pc vs smartphone

Perusahaan riset pasar teknologi asal Korea Selatan itu mengungkapkan, selama periode 2014 lalu, tingkat penetrasi smartphone global telah melonjak 24,5 persen, sementara PC hanya 20 persen saja, seperti dilansir dari Business Korea.

Tingkat penetrasi smartphone, menurut Digieco, mulai terlihat peningkatannya sejak 2012 silam berkat tiga kekuatan OS mobile yaitu, Android, iOS, dan BlackBerry OS. Kala itu, tingkat penetrasi smartphone hanya 5,2 persen saja, sementara PC melesat 20 persen. Lalu hanya dalam waktu dua tahun kemudian, smartphone membalikan keadaan tersebut.

Banyak penyebab kondisi tersebut bisa terjadi, terutama dari segi fungsionalitas smartphone yang makin mendekati PC. Harga perangkat smartphone yang jauh lebih murah, beragamnya aplikasi dan game mobile yang mirip dengan platform PC, hingga koneksi internet mobile yang makin cepat, memungkinkan pengguna smartphone menjadi lebih banyak ketimbang PC.

Bahkan Digieco meramalkan, tingkat penetrasi smartphone nantinya bakal tetap bertahan di angka 20 persen, sementara smartphone bakal melesat menjadi 36,5 persen pada 2018 mendatang. Terdapat gap yang cukup jauh, meski perangkat PC masih belum kehilangan pasarnya.

Sekedar informasi, tingkat penetrasi global ini dihitung berdasarkan perbandingan antara jumlah kepemilikan perangkat smartphone dengan populasi penduduk di seluruh dunia. Penelitian tersebut diambil dari data yang dikeluarkan International Telecommunication Union dan E-marketer Trend Spectrum.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES