in: News | January 12, 2015 | by: Ozal

Volvo Kenalkan Helm Cerdas untuk Pengendara Sepeda

Produsen mobil terkemuka, Volvo, unjuk gigi dalam ajang pameran teknologi terbesar di dunia, CES 2015, dengan memperkenalkan produk helm cerdas khusus pengendara sepeda yang dapat terhubung ke smartphone pengguna melalui koneksi nirkabel.

helm pinter

Helm cerdas bikinan Volvo tersebut mengadopsi fitur pelacakan kebugaran yang sebelumnya populer di perangkat smartwatch. Dengan bantuan aplikasi khusus di smartphone, pengguna juga bisa melacak lokasi dan rekap data kecepatan sepeda yang dikendarainya.

Menariknya lagi, helm tersebut juga dilengkapi sebuah sensor canggih saat pengendara sepeda melawati area gelap atau minim cahaya. Teknologi ini dapat memperingatkan pengendara bila ada kendaraan lain yang melintas di dekatnya. Di bagian belakang helm tersebut juga dipasang sebuah lampu yang dapat menyala otomatis guna memberi tanda ke pengendara lain.

Juru bicara Volvo, Klas Bendick, merasa optimis akan kemampuan sensor di helm tersebut yang mampu mencegah kecelakaan umum yang sering dialami pengendara sepeda karena faktor “blind-spot”. Menurut riset mereka, 50 persen pengendara sepeda tewas akibat tabrakan dengan mobil.

Dengan mengeksplorasi sistem keselamatan berbasis cloud, saat ini kami semakin mampu menghilangkan titik-titik buta (blind-spot) antara mobil dan pengendara sepeda. Dan dengan itu, tabrakan pun dapat dihindari,” kata Bendick, seperti dilansir dari BBC.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES