in: News | February 15, 2015 | by: Ozal

Asus Kapok Bikin Smartwatch Berbasis Android Wear?

Secara perlahan Asus akan meninggalkan platform Android Wear, sistem operasi khusus perangkat wearable dari Google, dari lini smartwatch-nya ZenWatch di masa yang akan datang karena faktor daya tahan baterai.

zenwatch

Proses ini akan dilakukan secara bertahap. CEO Asus Jerry Shen menegaskan, bagaimanapun juga untuk generasi kedua ZenWatch nanti masih akan tetap menggunakan Android Wear, namun setelah itu bakal ada perubahan. Kemungkinan, Asus masih terikat kontrak dengan pihak Google.

Masalah utama pada smartwatch berbasis Android Wear itu ialah ketahanan daya hidup baterai. Sistem antarmuka Android Wear dinilai memakan banyak daya baterai, di samping spesifikasinya yang juga menyamai smartphone. “Perhatian utamanya ialah tentang penghematan daya,” ungkap Shen, dikutip dari Focus Taiwan.

Ia menambahkan, “Kami akan memiliki smartwatch lain yang tidak berbasis Android Wear dan memiliki fitur baterai yang tahan lebih lama,”. Ia tidak menutup kemungkinan akan menggandeng pihak MediaTek yang ikut mengembangkan platform smartwatch beserta SOC-nya.

Untuk ZenWatch generasi pertama sendiri dijual dengan harga cukup bersaing dengan Samsung, Motorola, dan LG yang juga meluncurkan smacrtwatch berbasis Android Wear. Di Taiwan, Zenwatch dilepas 5.990 dolar Taiwan atau sekitar Rp 2,4 jutaan. Adapun spesifikasimya, layar sentuh AMOLED 1,63 inci yang didesain melengkung, prosesor Snapdragon 400 berkecepatan 1,2GHz, RAM 512MB, memory internal 4GB, dan dilengkapi 9 sensor.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES