in: News | February 14, 2015 | by: Ozal

Penjualan Smartwatch Berbasis Android Wear Dinilai Lambat

Dengan banyaknya promosi besar-besaran yang dilakukan sejumlah vendor besar, sayangnya penjualan smartwatch berbasis platform Android Wear dari Google, dinilai masih tetap lambat.

android wear

Seperti diberitakan sebelumnya, dari 4,6 juta unit yang terjual, smartwatch berbasis Android Wear yang dipasarkan LG, Motorola, dan Samsung, hanya terjual 720.000 unit saja pada tahun lalu. Sebagai perbandingan, Pebble dengan basis platform smartwatch mereka sendiri, berhasil terjual 1 juta unit.

Android Wear perlu ditingkatkan lagi secara signifikan di masa yang akan datang dan kami meyakini hal itu mampu dilakukan,” kata Daniel Matte, analis di Canalys, periset pasar teknologi yang merilis data penjualan smartwatch tersebut.

Sementara itu Direktur Riset IDC, Francisco Jeronimo mengatakan, dari segi fitur, perangkat Android Wear masih harus banyak berbenah. Hal tersebut mencakup diantaranya, meningkatkan masa hidup baterai dan memberikan kemudahan akses antarmuka (UI) bagi pengguna awam.

Saya menggunakan banyak perangkat mobile dan menemukan antarmuka Android Wear sulit untuk dipelajari. Dan saat saya akhirnya belajar bagaimana menggunakannya, saya malah benar-benar tidak suka pengalaman (UI-nya),” ungkap Jeronimo yang menambahkan, “Ini juga akan memakan waktu beberapa tahun, sebelum masa pakai baterainya membaik,”

Dalam kuartal kedua nanti, menurut Jerenimo, bakal menjadi pasar cukup sulit bagi sejumlah vendor smartwatch Android Wear. Sebab, perangkat smartwatch Apple yang paling diantisipasi publik saat ini, Apple Watch akan meluncur resmi pada April mendatang. Menurut prediksinya, masa depan pasar smartwatch nantinya bakal terkonsentrasi ke Apple.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES