in: Direct Release | February 16, 2015 | by: Jagat Review

[PR] Dekstop-as-a-Service Untuk Memenuhi Kebutuhan Bisnis Anda

Citrix_gray_rgb

Menurut analis Gartner, tahun virtualisasi desktop telah dibahas selama hampir satu dekade sampai saat ini dan pada kenyataannya, tidak akan pernah ada tahun virtualisasi desktop, melainkan peningkatan pengadopsian seputar kebutuhan bisnis[1] yang spesifik. Misalnya, mobilitas perusahaan akan terus menjadi salah satu area fokus dalam bisnis, dan menjadi prioritas bagi para CIO[2]. Kebijakan ruang kerja mobile dan Bring Your Own Device (BYOD) menjadi norma baru yang menarik bagi karyawan dan calon karyawan untuk bekerja untuk organisasi. Tidak dapat disangkal tenaga kerja digital-savvy saat ini mengharapkan ruang kerja mobile dari organisasi mereka. Aplikasi (apps) dan data yang diperlukan karyawan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari mereka telah berkembang melebihi email, mencakup Windows, on-premise, web dan beberapa aplikasi mobile. Oleh karena itu, organisasi perlu mengevaluasi kembali strategi manajemen desktop mereka.

Manajemen desktop adalah layanan yang sangat penting bagi organisasi TI dan berperan penting untuk menjaga produktivitas karyawan. Namun, mengelola desktop tradisional akan menghabiskan modal dan biaya operasional yang besar seperti investasi pada hardware, pembaruan software secara rutin, patch dan pemeliharaan yang berjalan. Dengan 87% penyedia layanan yang dikelola (MSP) mengantisipasi pertumbuhan pendapatan[3],Daas Mark Micallef, Area Vice President of Citrix ASEAN berbagi cerita tentang bagaimana organisasi dapat meningkatkan mobilitas melalui adopsi Desktop-as-a-Service (DaaS).

Kesederhanaan dengan banyak perangkat untuk dikelola

Perangkat pintar menjadi kebutuhan yang penting bagi masyarakat. Tahun lalu diperkirakan lebih dari setengah pengguna smartphone dunia ada di Asia Pasifik[4]. Karena pengguna akhir sekarang lebih bergantung pada beberapa perangkat pintar dibandingkan sebelumnya, maka ada tekanan yang lebih besar bagi tim IT untuk memungkinkan pengguna akhir mengakses desktop mereka dengan berbagai cara dan dengan cara yang paling efisien.

DaaS merupakan alternatif untuk infrastruktur virtual desktop (VDI), memberikan manfaat virtual desktop, tanpa perlu pengunaan hardware. Dengan membuat desktop tersedia melalui aplikasi browser, serta aplikasi pada smartphone dan tablet, pengguna akhir dapat menikmati keleluasaan yang lebih besar dalam cara mereka bekerja.

Selain itu, DaaS memberikan desktop virtual yang aman bagi pengguna akhir melalui penyedia layanan yang di-host pihak ketiga, menjadikannya ruang kerja yang benar-benar di-host, yang dapat mengurangi waktu dan biaya bagi organisasi, dan memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada bisnis utama mereka. Aplikasi awan yang berjalan pada browser membuat sistem-sistem operasional secara virtual menjadi tidak relevan, memberikan organisasi lebih banyak pilihan hardware, saat menghilangkan pekerjaan kasar TI.

Melalui penerapan DaaS, organisasi juga akan memiliki kemampuan untuk memperkuat dirinya dengan portal web sederhana dan mandiri untuk tugas sehari-hari, seperti menambah pengguna baru dan penyediaan sumber daya berdasarkan permintaan. Semua ini memungkinkan mereka untuk memiliki pandangan yang komprehensif mengenai lingkungan kerja mobile yang di-host – melacak penggunaan dan layanan yang tersedia, memantau kesehatan sistem dan mengirimkan pemberitahuan. Pada saat yang sama, TI dapat mendukung perangkat mobile dengan konfigurasi, keamanan, dukungan yang penuh dan kemampuan lainnya.

Fokus yang semakin besar untuk cloud dan keamanan

Penyedia DaaS memberikan penekanan yang lebih besar dalam menjaga dan melindungi data-data sensitif. Tahun lalu, Citrix berkolaborasi dengan Google secara aman memberikan layanan desktop, aplikasi dan layanan TI di semua jaringan dan dari awan manapun. Dengan penjualan Chromebook yang diharapkan meningkat tiga kali lipat di tahun 2017[5], Citrix dan Google bersama-sama meluncurkan Receiver untuk Chrome untuk membantu organisasi dalam meningkatkan dan memaksimalkan kemampuan komputasi awan perusahaan dengan aman.

Dengan virtual desktop yang dilindungi dan diberikan secara terpusat dari data center MSP, risiko kehilangan data atau gangguan dapat diminimalkan. Para pengusaha dapat lebih melindungi kekayaan intelektual dan lebih memastikan keamanan, dengan mematuhi peraturan yang ada. Dengan menyimpan aplikasi dan data mereka di luar domain di lokasi yang aman, organisasi dapat meningkatkan kelangsungan bisnis mereka dan rencana pemulihan bencana.

Bergerak kearah DaaS

Baru-baru ini, Internet Thailand PLC (INET), penyedia solusi ICT terkemuka di Thailand, memanfaatkan XenDesktop Citrix untuk memperkenalkan penawaran DaaS cloud publik pertama kali di Thailand. Penawaran tersebut memungkinkan pelanggan INET untuk mendapatkan akses cepat dan aman ke karyawan perusahaan yang mereka butuhkan untuk menjadi produktif dengan mengubah aplikasi fisik Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) mereka ke virtual desktop, sehingga menjadikan manajemen TI menjadi sederhana dan terpusat. Penawaran tersebut juga menyediakan pengiriman virtual desktop berdasarkan permintaan dengan lancar, sehingga memungkinkan bagi organisasi dengan mudah menyediakan tenaga kerja mobile. Dan yang lebih penting lagi penawaran DaaS INET memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya total kepemilikan (TCO) mereka hingga 40 persen, dan mengurangi waktu inisiasi infrastruktur TI dari 45 hari menjadi hanya satu hari.

Penerapan DaaS menjadi sangat umum karena organisasi di Asia Pasifik menjadi lebih reseptif terhadap cloud, BYOD, tenaga kerja mobile dan keberadaan akses internet di mana-mana. Hal ini terutama terlihat pada organisasi yang lebih kecil atau di tingkat departemen untuk organisasi yang lebih besar. Ini disebabkan karena DaaS membantu organisasi yang lebih kecil memudahkan kompleksitas dalam mengelola VDI dan biaya yang dikeluarkan untuk pembelian hardware baru. Dan untuk organisasi yang lebih besar, mereka mungkin mengadopsi lebih banyak pengaturan hibrida, dengan penggabungan VDI dan DaaS, yang mana DaaS seringnya hanya digunakan hanya untuk departemen tertentu dalam organisasi.

Dengan pilihan-pilihan yang tersedia saat ini, para pemimpin perusahaan lebih terfasilitasi untuk meningkatkan efisiensi, mendorong inovasi, fokus pada pertumbuhan dan memungkinkan karyawan mereka untuk lebih responsif, dan tetap bersaing di lingkungan bisnis mereka masing-masing.

Untuk diskusi lebih dalam dengan Mark Micallef, Area Vice President, ASEAN silahkan menghubungi Lidya di nomor telepon +62 21 7988411 atau via email lidya@bening-communication.com .

Ada beberapa topik utama Citrix yang lain yang menarik di bawah ini

Di Citrix Summit, Citrix mengumumkan bahwa Grup Konsultan Hogan (kategori perusahaan) dan Sinthera SRL (kategori pasar menengah) memenangkan Penghargaan Inovasi Citrix untuk Mitra Kerja yang kedua. Penghargaan tersebut mengapresiasi para mitra kerja yang telah menggunakan teknologi Citrix untuk memberikan solusi ruang kerja mobile, yang memungkinkan perusahaan dan organisasi meraih sukses, meningkatkan pangsa pasar dan bersaing melebihi norma-norma industri.

Citrix meluncurkan program channel baru, yang dirancang untuk membantu para mitra kerja dengan sepenuhnya memanfaatkan portofolio besar solusinya untuk mengikuti perubahan teknologi yang cepat dan meningkatkan daya saing mereka dalam pasar. Dengan inovasi program Citrix Solution Advisor (CSA) yang baru, para mitra kerja akan terbantu untuk mewujudkan pertumbuhan pendapatan yang lebih cepat dengan berinvestasi dan memanfaatkan spesialisasi teknologi untuk memberikan perbedaan pada kemampuan dan penawaran mereka untuk memastikan pelanggan mendapatkan nilai yang maksimal dari solusi Citrix. Program baru tersebut menawarkan hampir 9.000 Citrix Solution Advisors di dunia, meliputi sertifikasi yang disederhanakan, kebutuhan pendapatan yang disesuaikan dan keuntungan tambahan baru dan insentif.

Citrix mengumumkan Citrix WorkspacePod™, solusi software terintegrasi secara penuh untuk menyediakan ruang kerja modern, memanfaatkan kemampuan penyimpanan yang didefinisikan dengan software dari Sanbolic yang baru saja diakuisisi oleh Citrix. Berkolaborasi dengan para mitra teknologi, Citrix sedang mengembangkan penawaran pre-packaged yang meliputi komputasi, penyimpanan dan jaringan yang terintegrasi untuk mengurangi biaya dan kompleksitas untuk memberikan beberapa aplikasi yang meliputi: Windows, Web dan Linux. Pelanggan dan mitra kerja dapat menggunakan WorkspacePods untuk menerapkan solusi ruang kerja yang menjangkau ribuan pengguna dengan kinerja yang unggul dan dapat diprediksi dan untuk memberikan pengalaman akhir pengguna yang intuitif dan berkualitas tinggi yang telah menjadi ciri khas Citrix. Ulasan teknis Workspace Pod akan tersedia pada kuarter I 2015.

Di Citrix Summit, Citrix mengumumkan penerima penghargaan mitra kerja Citrix Service Provider yang diselenggarakan tanggal 12 Januari 2015 di Las Vegas. Penghargaan tersebut mengapresiasi prestasi para mitra kerja Citrix Service Provider berdasarkan keseluruhan pertumbuhan pendapatan Desktop-as-a Service (DaaS), kepuasan pelanggan, penerapan teknologi, kepemimpinan, dan prestasi pemasaran.

Citrix mengumumkan fitur dan pratinjau teknologi yang akan datang untuk lini produk unggulan XenApp® and XenDesktop, yang direncanakan untuk kuarter 1 di tahun 2015. Kemampuan baru tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelanggan karena pembaruan add-on mudah ke penerapan produk XenApp dan XenDesktop untuk memberikan perangkat tambahan yang baru bagi pengguna yang dapat memberikan pengalaman tak tertandingi, menambah fitur-fitur keamanan baru dan menyediakan fleksibilitas yang semakin besar untuk aplikasi dan desktop. Upgrade fitur akan memastikan pelanggan Citrix mendapatkan keuntungan dari aplikasi terbaru dan peningkatan virtualisasi desktop untuk mendapatkan nilai tambahan dari lingkungan mereka.

Citrix mengumumkan XenServer® 6.5, rilis terbaru dari platform virtualisasi komersial perusahaan berdasarkan Citrix hypervisor Xen Project open source. XenServer kini menawarkan arsitektur kernel 64-bit penuh yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan manfaat dari hardware dan platform OS terbaru, dan mendukung jaringan tingkat perusahaan, penyimpanan dan manajemen beban kerja. XenServer mendukung Intel® Trusted Execution Technology (Intel® TXT), yang menyediakan deteksi tamper hypervisor, mencegah aplikasi yang berjalan pada mesin yang berpotensi membahayakan. Hal yang baru untuk rilis ini, penandaan aset memungkinkan beban kerja geo-tagging, memberikan pengguna satu cara untuk membatasi beban kerja untuk dijalankan di lokasi tertentu dengan alasan keamanan. XenServer lebih lanjut memperluas kemampuan virtualisasi GPU Citrix yang terkemuka di industri yang mendukung teknologi NVIDIA GRID ™ vGPU ™ dan memberikan peningkatan sebesar 50 persen dalam kepadatan server untuk memberikan aplikasi grafis 3D high-end di desktop virtual. Dengan arsitektur kernel generasi berikutnya yang mendukung fitur-fitur kelas perusahaan dan kelas pemula, XenServer adalah pilihan platform virtualisasi yang paling komprehensif, hemat biaya dan terbuka untuk perusahaan dan penyedia layanan.

Citrix mengumumkan rilis baru XenMobile®, solusi managemen mobilitas perusahaan (EMM). XenMobile 10 mengoptimalkan pengalaman mobilitas untuk pengguna akhir saat mengotomatisasi dan menyederhanakan penerapan IT dan proses managemen. Rilis ini meliputi peningkatan desain yang menarik untuk arus kerja, yang merupakan bagian dari rangkaian aplikasi produktifitas terintegrasi XenMobile, yang memungkinkan pengguna untuk memiliki pengalaman bisnis yang terbaik pada perangkat mobile mereka. Untuk tim IT, rilis baru tersebut dapat memberikan platform EMM terpadu, yang menyederhanakan pengelolaan dan penerapan aplikasi, data dan perangkat mobile dimana mereka menawarkan para pengusaha keleluasaan dan keamanan yang dengan mudah dapat meningkatkan dan mendukung tenaga kerja mobile yang berkembang.

Citrix mengumumkan Carlos Sartorius yang telah ditunjuk sebagai senior vice president, Worlwide Sales dan Service, dilaporkan kepada Citrix Presiden dan CEO, Mark Templeton. Sartorius sebelumnya menjabat sebagai managing director dan vice president organisasi EMEA Citrix, yang berkantor pusat di Swiss, yang beliau kelola sejak bergabung dengan Citrix sejak tahun 2011.

Citrix mengumumkan bahwa Citrix telah menyelesaikan akusisi Sanbolic, inovator, dan pemimpin dalam teknologi virtulisasi penyimpanan berbasis beban kerja. Teknologi Sanbolic memungkinkan pelanggan penyimpanan berdefinisi software untuk mengoptimalkan penyediaan beban kerja yang spesifik berdasarkan aplikasi dari setiap tipe media – SSD, Flash dan hard drive di NAS, SAN, server-side dan penerapan cloud- meningkatkan keseimbangan muatan penyimpanan, ketersediaan aplikasi dan memberikan pengalaman pengguna akhir yang memiliki kinerja terbaik Akusisi rangkaian kuat teknologi-teknologi infrastruktur dengan orientasi beban kerja, dikombinasikan dengan produk XenDesktop, XenApp, XenMobile yang terkemuka di pasar, memungkinkan Citrix untuk mengembangkan berbagai solusi yang berbeda. Solusi-solusi tersebut secara dramatis akan meningkatkan ekonomi dan mengurangi kompleksitas penyediaan aplikasi Windows dan penerapan infrastruktur desktop (VDI) virtual.

[1]Gartner, Market Trends: Desktop Virtualization, 2013, October 10, 201

[2]Ovum, Ovum predicts enterprise mobility to be top of the CIO agenda in 2015, December 1, 2014

[3]Citrix, Desktops-as-a-Service Global Market Trends Survey, August 2014

[4]eMarketer, Smartphone Users Worldwide Will Total 1.75 Billion in 2014, January 16, 2014

[5]Gartner, Gartner Says Chromebook Sales Will Reach 5.12 Million Units in 2014, August 11, 2014

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES