in: Direct Release | February 27, 2015 | by: Jagat Review

[PR] Dukung Pengadopsian Penyimpanan Berkonsep Software-Defined Secara Luas, VMware Luncurkan Virtual SAN 6 dan vSphere Virtual Volumes

vmware logo

JAKARTA, 27 Februari 2015 – VMware, Inc. (NYSE: VMW) mengumumkan berbagai kemajuan yang telah tercapai terkait penerapan pendekatan strategi penyimpanan berkonsep software-defined melalui peluncuran serangkaian solusi penyimpanan berkelas enterprise generasi terbaru. Solusi penyimpanan mutakhir yang dikenalkan hari ini, diciptakan guna mendukung pengadopsian penyimpanan berkonsep software-defined secara luas. VMware Virtual SAN™ 6 hadir dengan menyuguhkan beragam penyempurnaan performa dan peningkatan skalabilitas pada solusi penyimpanan hypervisor-converged milik VMware yang telah menyandang pengakuan dunia, sementara VMware vSphere® Virtual Volumes™, mampu menawarkan pengintegrasian penyimpanan yang unggul dan mampu mencetak arrays pihak ketiga yang tanggap mesin virtual dengan sendirinya.

Untuk dapat menikmati seluruh potensi keunggulan dari software-defined data center, dibutuhkan sebuah pendekatan penyimpanan yang juga berkonsep software-defined guna mengatasi segala tantangan kompleksitas operasional terkait penyimpanan dan biaya tinggi. Strategi penyimpanan berkonsep software-defined yang diterapkan oleh VMware mampu memanfaatkan segala keunggulan hypervisor untuk menyempurnakan kehadiran solusi penyimpanan yang didambakan di era cloud ini dan menghadirkan efisiensi yang dibutuhkan dalam operasional, sedemikian sehingga mampu mendukung proses komputasi pada virtualisasi server dengan sempurna.

“Pelanggan mendambakan pendekatan-pendekatan baru penyimpanan yang lebih sederhana, hemat dan tanggap cloud,“ ungkap Adi Rusli, Senior Director & Country Manager, VMware Indonesia. “VMware Virtual SAN 6 dan VMware vSphere Virtual Volumes yang diluncurkan hari ini mampu menghadirkan model pendekatan baru tersebut sebagai perwujudan dari penyempurnaan strategi kami dalam menciptakan penyimpanan berkonsep software-defined. Solusi yang kami kenalkan hari ini mampu memenuhi tuntutan kebutuhan pelanggan melalui kehadiran penyimpanan hypervisor-converged yang telah kami sempurnakan, serta melalui kemudahan pengintegrasian tanggap mesin virtual dengan array penyimpanan yang ada.”

Pada kesempatan yang sama pula, hari ini VMware juga mengumumkan diluncurkannya platform terpadu komputasi, jaringan dan penyimpanan tervirtualisasikan untuk hybrid cloud, pionir di industri (simak berita peluncurannya di sini), serta memperkenalkan rangkaian inovasi terbaru untuk VMware vSphere 6 (simak berita peluncurannya di sini).

 

 

VMware Virtual SAN 6 – Platform Penyimpanan Ideal untuk VMware vSphere

VMware Virtual SAN 6 begitu sederhana, menyuguhkan skalabilitas dua kali lipat dan performa empat setengah kali lebih tinggi, serta dilengkapi dengan beragam kapabilitas baru berkelas enterprise, sehingga menjadikannya sebagai platform penyimpanan yang sempurna untuk mesin virtual dan aplikasi-aplikasi genting yang mendukung bisnis. VMware Virtual SAN 6 menampilkan beragam fitur, diantaranya:

  • Arsitektur all-flash terbaru –VMware Virtual SAN 6 berjalan di arsitektur all-flash dua tingkat, di mana perangkat flash digunakan secara cerdas selama proses caching dan pengokohan data. Arsitektur all-flash terbaru menyuguhkan peningkatan pelolosan (throughput) input/output per simpul sebesar empat kali lipat dibandingkan kemampuan yang dimiliki VMware Virtual SAN 5.5, serta mampu menghasilkan keterlambatan terprediksi di bawah milidetik.
  • Pelolosan (throughput) maksimum tujuh juta IOPS/gugus – Sebuah gugus VMware Virtual SAN 64 titik yang mampu menyuguhkan hingga tujuh juta input/output operations per second (IOPS) dengan skalabilitas linear yang nyaris sempurna.
  • Skalabilitas ditingkatkan hingga 64 titik/gugus – VMware Virtual SAN 6 rilis terbaru mampu meningkatkan skalabilitas 64 titik per gugus hingga dua kali lebih tinggi, sehingga memungkinkan pengguna untuk meraih hingga 6.400 mesin virtual per gugus, dengan kapasitas penyimpanan lebih dari delapan petabytes dari sebuah gugus.
  • Snapshot terbaru berkelas enterprise – VMware Virtual SAN 6 rilis terbaru mampu menyuguhkan performa tinggi dan kapabilitas snapshot yang efisien, mencapai kedalaman hingga 32 per mesin virtual dan meminimalkan overhead
  • Rack-awareness Terbaru – VMware Virtual SAN 6 memungkinkan penempatan obyek mesin virtual secara cerdas di seluruh rak server guna meningkatkan kesiapsediaan aplikasi, bahkan saat terjadi kegagalan menyeluruh di sistem.
  • Dukungan yang kian luas untuk blades – Dengan dihadirkannya dukungan terbaru untuk direct-attached JBODs, pelanggan kini dapat melakukan penskalaan gugus VMware Virtual SAN 6 ke kapasitas yang lebih besar lagi di lingkungan server blade.

Dibangun pada lingkungan VMware vSphere, VMware Virtual SAN mampu menghadirkan penyimpanan hypervisor-converged yang begitu sederhana untuk mesin virtual. Menampilkan pengelolaan penyimpanan berbasis kebijakan, VMware Virtual SAN mampu mengubah model pengelolaan untuk penyimpanan, dari perangkat ke aplikasi, sehingga memudahkan administrator dalam melakukan provisi penyimpanan untuk setiap aplikasi dengan cepat, hanya dalam hitungan menit. Hanya dalam waktu sembilan bulan sejak peluncuran perdananya, VMware Virtual SAN telah berhasil menggaet lebih dari 1.000 pelanggan untuk menggunakannya.

Begitu banyak pelanggan yang memilih VMware Virtual SAN, selain karena kemudahan-kemudahan yang dihadirkannya terutama dalam mendukung pengelolaan, juga karena kemampuannya untuk dapat terintegrasi secara sempurna dengan susunan rak VMware, keunggulan performa yang tinggi dengan skalabilitas yang kian lentur, serta biaya total kepemilikan yang amat rendah. VMware Virtual SAN mendukung pelanggan dalam memangkas biaya operasional yang sedang berlangsung (OPEX). Selain itu, VMware Virtual SAN hanya membutuhkan sepertiga dari total jumlah OPEX pengelolaan penyimpanan tradisional.[i]

Simak pula komentar mitra-mitra kami mengenai VMware Virtual SAN 6

 

VMware vSphere Virtual Volumes – Standar Baru di Industri untuk Software-Defined Storage

Dalam peluncuran hari ini, VMware mampu menghadirkan solusi guna mengahadapi berbagai tantangan yang selama ini selalu menjadi kendala di industri, dengan mengubah storage array menjadi tanggap mesin virtualisasi. VMware vSphere Virtual Volumes sendiri berupa satu set API penyimpanan yang dapat melakukan pengintegrasian antara penyimpanan dengan VMware vSphere secara granular pada tingkat mesin virtual masing-masing.

Hal ini memungkinkan storage array melakukan provisi kapasitas dan memberikan layanan data secara dinamis pada masing-masing mesin virtual, sehingga memungkinkan pengelolaan infrastruktur penyimpanan menjadi semakin lincah, sederhana dan hemat biaya. Storage arrays yang dilengkapi dengan VMware vSphere Virtual Volumes mampu melakukan pengelolaan pada wilayah pengontrolan biasa –mewujudan visi VMware akan sebuah penyimpanan berkonsep software-defined mutakhir yang hadir melalui otomatisasi berbasis aplikasi dan kebijakan, di seluruh fasilitas penyimpanan heterogen.

VMware vSphere Virtual Volumes memperoleh dukungan luas dari berbagai ekosistem penyimpanan VMware. VMware bekerja sama dengan lima mitra pendesainan, yakni Dell, EMC, HP, IBM dan NetApp yang berperan dalam menjabarkan haluan teknologi. Jajaran perdana produk-produk penyimpanan yang menunjang VMware vSphere Virtual Volumes, diharapkan sudah bisa dinikmati pelanggan pada paruh pertama tahun 2015 dan pemasarannya akan diselenggarakan oleh Atlantis Computing, Dell, Fujitsu, HP, Hitachi Data Systems, IBM, NEC, NetApp, NexGen Storage, Pure Storage, Symantec dan Tintri.

Di luar mitra perdana yang terlibat di awal tersebut, juga ada total sekitar 29 mitra yang terlibat dalam program yang bertujuan untuk memperkenalkan produk penyimpanan milik mereka yang mendukung VMware vSphere Virtual Volumes, seperti CommVault, Nimble Storage dan SolidFire.

Simak pula komentar mitra-mitra kami mengenai VMware vSphere Virtual Volumes

 

Pernyataaan pendukung

“VMware Virtual SAN telah menjadi platform penyimpanan inti untuk aplikasi-aplikasi utama pendukung bisnis. Kami begitu menanti-nantikan apa yang akan disuguhkan VMware Virtual SAN 6 dalam membantu kami melanjutkan proses migrasi aplikasi-aplikasi utama yang didukung oleh suguhan kapabilitas-kapabilitas performa dan skalabilitas VMware Virtual SAN 6 rilis terbaru yang telah disempurnakan.” Christopher Reynolds, systems engineer, IBC Bank

“Di Namecheap, VMware Virtual SAN menyuguhi kami performa yang sesuai dengan kebutuhan, yang sebelumnya sulit tercapai jika hanya dengan SAN tradisional. Hal ini memungkinkan kami dapat memanfaatkan segala peningkatan performa tersebut demi mendukung para pelanggan kami. Suatu hal yang dahulu mungkin mustahil terwujud. Kemampuan untuk membungkus performa pada setiap level mesin virtual dan kemampuan dalam menjabarkan SLA performa internal ke mesin virtual mampu menjadi solusi jitu dalam mengatasi beragam masalah klasik terkait I/O dan ketertundaan yang dahulu selalu kami alami. Kami begitu menantikan kehadiran VMware Virtual SAN 6 tahun ini supaya dapat mendukung kami dalam menyempurnakan jaringan penyimpanan milik kami, sekaligus meningkatkan layanan kepada mitra-mitra kami.” Steve Crothers, senior systems architect, Namecheap, Inc.

“Berhasil meraup lebih dari 1.000 pelanggan hanya dalam waktu sembilan bulan merupakan bukti kesuksesan VMware Virtual SAN dalam menghadirkan penyimpanan berperforma tinggi dan begitu simpel untuk mesin virtual, sehingga mampu memangkas TCO atau biaya total kepemilikan. VMware Virtual SAN 6 mampu membuka peluang-peluang baru melalui suguhan kapabilitas-kapabilitas baru berkelas enterprise yang kaya, sehingga siap untuk mendukung segala macam aplikasi utama yang penting untuk bisnis. VMware vSphere Virtual Volumes akan menjadi penjembatan proses transisi penyimpanan, dari lingkungan virtual tradisional ke pusat data berkonsep software-defined dan lingkungan-lingkungan cloud mutakhir berkat kemudahan dalam pengintegrasian dengan OpenStack dan jajaran platform pengelolaan cloud milik VMware.” Raghu Raghuram, executive vice president and general manager, Software-Defined Data Center Division, VMware

 

Harga dan Ketersediaan

Diharapkan, VMware Virtual SAN 6 dan VMware vSphere Virtual Volumes sudah dapat dinikmati mulai Q1 2015. VMware Virtual SAN dipasarkan dengan harga $2.495 per CPU. VMware Virtual SAN untuk Desktop dipasarkan dengan harga $50 per user. Arsitektur All-Flash terbaru akan tersedia dalam wujud add-on untuk VMware Virtual SAN 6 dan akan dipasarkan dengan harga $1.495 per CPU dan $30 per desktop. VMware vSphere Virtual Volumes akan dikemas dalam wujud sebagai fitur di edisi VMware vSphere Standard Edition dan yang lebih baru, maupun pada edisi VMware vSphere ROBO.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES