in: News | February 25, 2015 | by: Irham

Rakuten Resmikan ‘Rakuten University’, Kelas E-Commerce Gratis Untuk Para UKM

Rakuten Belanja Online, salah satu perusahaan E-Comerce ternama asal Jepang yang telah hadir di Indonesia, mengumumkan program barunya, yaitu Rakuten University. Ini merupakan kali pertama Rakuten University yang dibuka di wilayah Asia Tenggara, dan Indonesia menjadi yang pertama.

DSC02603

Misi Rakuten sebagai sebuah perusahaan berangkat dari filosofi memberdayakan penjual serta pelanggan. Itu merupakan pendekatan bisnis mendasar yang diwujudkan melalui berbagai cara, meliputi acara Rakuten EXPO, E-Commerce Consultant, dan melalui Rakuten University,” ujar Yasunobu Hashimoto, Direktur PT. Rakuten Belanja Online.

Rakuten melihat di Indonesia, UKM menyumbang hampir sebesar 60% kepada PDB Indonesia. Yang paling potensial karena UKM di Indonesia sendiri masih amat jarang yang mengaplikasikan efektifitas dan efisinesi dari E-Commerce, masih sekitar 1 %. Untuk itulah Rakuten berusaha memberdayakan UKM lewat Rakuten University di Indonesia.

Rakuten University merupakan menjadi sebuah media edukasi yang menawarkan ‘Mata kuliah’ yang mendorong para pengusaha UKM dari berbagai tingkat untuk mengembangkan bisnis mereka. Mata kuliahnya berkisar dari kursus tingkat dasar untuk membantu para pemula yang baru saja memasang toko online mereka, hingga kursus tingkat menengah dan tingkat lanjut untuk para penjual yang lebih berpengalaman agar mereka bisa menyempurnakan strategi bisnis dan pemasaran mereka, serta tahu bagaimana memanfaatkan wawasan dan tren konsumen.

Rakuten University memiliki tiga level pembelajaran yakni Classroom, Rux danMeet-up!. Untuk Indonesia baru diperkenalkan level Classroom. Pembelajaran Rakuten University ini sendiri tidak dipungut biaya apapun, namun terbatas untuk para pelapak yang telah mendaftarkan diri di Rakuten Belanja Online.

Tiap kelas akan diisi 20 peserta dari para pelapak Rakuten Belanja Online. Dalam penyajian materinya, para peserta akan dibantu oleh para konsultan E-Commerce (ECC), sehingga secara langsung bisa berkonsultasi tentang bisnis yang tengah digeluti. Selain itu Rakuten University menjadi wadah para pelaku UKM untuk berkumpul dan bertukar pikiran yang nantinya akan membawa mereka ke tahap yang lebih lanjut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES