Review Android One: Smartphone Android Lollipop Murah

Reading time:
February 23, 2015

Tahun lalu, Google mengeluarkan sebuah standar baru untuk smartphone murah yang dinamakan Android One. Google sendiri yang menentukan spesifikasi hardware yang dipakai di dalamnya sehingga dengan mudah dapat melakukan update sistem operasi pada setiap smartphone yang keluar di setiap negara. Tujuan utama dari standar Android One sendiri adalah untuk memberikan sebuah smartphone terjangkau yang memiliki pengalaman Android sebenarnya. Dengan kata lain, smartphone tersebut harus nyaman dipakai dan murah.

one-exploded

Setelah India, Indonesia adalah negara kedua yang ditunjuk oleh Google untuk inisiasi Android One. Untuk itu, Google mengundang Mito, Evercoss, dan Nexian sebagai tiga produsen pertama dalam negeri yang ikut dalam program ini. Untuk membuat smartphone Android One lebih menarik, Google memberlakukan hal yang sama dengan jajaran Nexus-nya: memberikan update sistem operasi terbaru hingga 2 tahun dari peluncuran pertama pada bulan September 2014 lalu di India.

Smartphone Android One yang ada di Indonesia sudah terinstal sistem operasi Android paling baru, yaitu Lollipop 5.1 yang ternyata pertama kali diluncurkan di Indonesia. Saat peluncuran perdana di India, smartphone Android One baru terinstal Kitkat 4.4.4 dan update Lollipop 5.0.2 pun telah diluncurkan di negara tersebut. Oleh karena itu, smartphone Android One sendiri juga telah mendapatkan setidaknya 3 update sistem operasi dalam 5 bulan terakhir. Tentunya, tidak tertutup kemungkinan update baru akan keluar pada saat Google I/O yang akan diadakan beberapa bulan lagi. Android M mungkin? Kita tunggu saja.

Android One

Keunikan lain yang dimiliki oleh smartphone Android One yang beredar di Indonesia adalah storage internalnya yang diubah dari 4 GB saja menjadi 8 GB. Saat pertama kali dinyalakan, smartphone ini akan memiliki ruang untuk dipakai di atas 5 GB yang hanya terdiri dari satu partisi saja. Selain itu, dengan manajemen RAM yang apik, membuat Android One akan lebih sulit untuk kehabisan RAM. Sebagai contoh, kami melakukan instalasi terhadap empat aplikasi media sosial dan tiga aplikasi chat yang sering dipakai di Indonesia. Sisa RAM? 380MB saja!

Sayangnya, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari smartphone Android One ini. Pertama adalah ketergantungan pada microSD. Tanpa kartu kecil tersebut, pengguna tidak dapat melakukan penyimpanan data termasuk hasil foto dari kamera bawaan (UPDATE: Saat ini hanya dapat menyimpan hasil foto kamera bawaan pada memori internal), video, musik, Youtube Offline, dan lain sebagainya. Lollipop 5.1 sendiri, karena baru, tidak lepas dari bug dan glitch. Setidaknya kami sering mendapatkan crash dan harus menemukan work around saat ingin mengunakan salah satu feature-nya. Lalu, Android One juga tidak didukung fasilitas USB OTG.

Harga yang ditawarkan untuk smartphone Android One memang sangat menarik. Saat pre-order, ketiga produsen menawarkan produknya dengan harga Rp999.000. Bahkan Mito Impact sempat ada pada posisi harga Rp699.000. Bisa jadi, ini adalah awal sebuah standar smartphone Android murah untuk masa depan.

Android One - Belakang

Untuk ketiga smartphone-nya sendiri, saat ini kami telah memegang perangkat dari Mito, Evercoss, dan Nexian. Nexian Journey One dan Evercoss One X memiliki desain yang kurang lebih mirip, sedangkan Mito Impact yang berbeda sendiri. Selain desain, ketiga produsen tersebut juga menawarkan bonus-bonus yang berbeda. Seperti Nexian yang menawarkan beberapa voucher berbeda tergantung di mana Anda membelinya.

Android One - CPU-Z CPUAndroid One - SoC  Android One - RAMAndroid One - Sensors

Ketiga smartphone Android One menggunakan SoC MediaTek MT6582 dengan prosesor quad core Cortex A7 berkecepatan 1,3 GHz dan GPU Mali 400MP2. RAM yang terpasang memiliki kapasitas 1 GB serta storage internalnya sebesar 8 GB. Dengan ketergantungan microSD, tentu saja sebuah slot tersedia di dalamnya. Layar yang terpasang sudah menggunakan tipe IPS dengan resolusi 854×480. Baterai standar untuk Android One adalah 1700 mAh.

Paket Penjualan

Seperti inilah paket penjualan dari ketiga smartphone Android One. Secara urut, kami posisikan menjadi Mito, Evercoss, dan Nexian.

Android One - Kemasan

Di dalam paket penjualan tersebut dapat ditemukan perlengkapan seperti berikut ini:

Charger
Charger
Kabel USB
Kabel USB
Earphone
Earphone
Manual dan Garansi
Manual dan Garansi

Dan bonus yang berbeda untuk setiap smartphone adalah

Android One - Mito - Anti Gores
Mito – Anti Gores
Android One - Evercoss - Flip Case
Evercoss – Flip Case
Nexian - microSD
Nexian – microSD

Ada kemungkinan setiap produsen menambah bonus yang mereka berikan diluar paket penjualannya.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…