in: News | February 7, 2015 | by: Ozal

Untuk Pertama Kalinya Pasar Tablet Jatuh

Laporan terbaru dari periset pasar teknologi IDC menemukan, pengiriman tablet ke seluruh dunia pada periode akhir tahun lalu telah menurun. Ini pertama kalinya pasar tablet jatuh sejak perangkat tersebut mulai masuk pasar pada 2010 silam. Secara angka, penjualan tablet pada kuartal keempat atau periode Oktober-Desember anjlok 3,2 persen menjadi 76,1 juta unit.

tablet

Beberapa vendor tablet yang menempati lima besar, Apple, Samsung, Amazon, dan Asus mengalami penurunan penjualan. Pasar perangkat tablet Kindle series milik Amazon anjlok hampir 70 persen, sedangkan Galaxy Tab dan Note milik Samsung turun 18,4 persen. Lalu tablet Asus anjlok 24,9 persen dan Apple sebesar 17,8 persen.

Secara pangsa pasar. Apple dan Samsung masih terus memimpin penjualan tablet yang masing-masing memperoleh 28,1 persen dan 14,5 persen. Namun pasar keduanya, menurut IDC, sudah mulai memasuki masa jenuh.

Meskipun Apple iPad memperluas jajaran dengan tetap menjaga model yang lebih tua dan menawarkan harga yang lebih rendah mulai dari US$ 249, namun itu tidak cukup memacu penjualan iPad, mengingat pasar masih menyambut peluncuran iPhone baru. Sementara itu, Samsung masih terus berjuang karena vendor murah dengan cepat membuktikan bahwa tablet Anroid dengan harga menengah hingga tinggi tidak cocok untuk pasar tablet saat ini,” kata peneliti IDC, Jitesh Ubrani, dikutip dari CNBC.

Sementara peneliti dari Strategy Analytics Neil Mawston mengungkapkan, keberadaan perangkat smartphone berlayar besar di atas 5,5 inci atau phablet juga ikut memperburuk pasar tablet. “Phablet 5 inci dan 6 inci tumbuh berkat popularitas dari Apple (iPhone 6 Plus) dan vendor lainnya. Permintaan untuk tablet, terutama yang ukurannya lebih kecil, seperti iPad mini pun turut memudar,” ungkapnya.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES