in: News | March 24, 2015 | by: Fernando B. Sitorus

AMD Klaim DirectX 12 Maksimalkan Potensi Multi Core processor

AMD 2

Dalam presentasi yang diberikan oleh AMD baru-baru ini, pabrikan prosesor yang cukup terkemuka ini memberikan keterangan bahwa, DirectX 12 mendatang bukan hanya menggunakan sebagian besar efisienitas resource dari GPU yang digunakan, tetapi juga akan menggunakan seluruh kemampuan dari multi core prosesor yang selama ini jarang terpakai.

Pihak AMD memberikan keterangannya secara rinci bagaimana DirectX 11 yang digunakan pada saat ini, tidak memberikan sepenuhnya kemampuan maksimal dari prosesor multi core yang ada. AMD menekankan, kunci elemen dari DirectX 12 adalah Multi threaded command buffer recording dan Asynchronous Compute Scheduling/Execution, dimana keduanya hanya kebanyakan bekerja secara optimal pada single thread pada platform DirectX 11. Sedangkan di DirectX12  sudah bekerja secara optimal pada multi thread yang jauh lebih baik.

AMD 1

Brad Wardwell dari Stardock, yang merupakan perusahaan software terkemuka pengembang software games, memberikan keterangannya, “Saya pribadi sudah lama membicarakan hal ini kepada pihak Microsoft, AMD, Intel dan juga Nvidia bahwa dengan DirectX 12 , Mantle, dan Vulkan akan memberikan potensial seluruh core untuk dapat bekerja sepenuhnya,..”

Seperti diketahui, sebelum DirectX 12 marak diperbincangkan, AMD telah lebih dulu merilis Mantle yaitu Low level API yang dapat bekerja efektif bahkan di DirectX 11. Saat ini, pihak AMD sendiri mengklaim dengan pengunaan prosesor APU terkini yaitu A10 7850k di DirectX 12, akan mendapatkan benefit efesiensi draw call multi processing sebanyak 450 persen dan konsumsi daya lebih rendah dibanding platform DirectX 11.

Ini merupakan tolak ukur dari multi core prosesor AMD agar dapat kembali bersaing di pasar dunia gaming yang selama ini didominasi oleh rivalnya. Akan tetapi, game-game masa depan bukan berarti dapat secara “ajaib’ bekerja efisien dengan multi core di platform DirectX 12. Namun, ini semua akan diserahkan kepada developer untuk mengembangkan potensi yang ada dimana Draw call dari GPU di DirectX 12 bukan lagi dilimitasi oleh kebanyakan single thread.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES