in: News | March 8, 2015 | by: Ozal

Apple Kalahkan Pasar Samsung Pada Kuartal Terakhir 2014

Samsung akhirnya kehilangan posisi teratasnya dalam pasar smartphone global pada kuartal keempat 2014 lalu atau periode Oktober hingga Desember. Demikian menurut laporan yang dikeluarkan periset pasar teknologi terkemuka Gartner.

samsung

Posisi Samsung yang sudah dipegang sejak 2012 silam, kini diambil oleh rival terberatnya, Apple. Samsung menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 19,9 persen, sementara Apple untuk pertama kali merajai pasar smartphone dengan pangsa 20,4 persen selama kuartal keempat 2014. Samsung telah kehilangan pangsa pasar hampir sepuluh persen dalam kurun waktu satu tahun pada periode yang sama, sebaliknya Apple meningkat sebanyak hampir 3 persen.

“Kinerja Samsung di pasar smartphone makin memburuk pada kuartal keempat 2014 yang kehilangan hampir 10 persen pangsa pasar… Tren penurunan ini menunjukan bahwa keuntungan pangsa pasar smartphone premium Samsung yang menguntungkan telah berada di bawah tekanan secara signifikan,” kata Analis Utama Gartner Anshul Gupta.

Selama periode Oktober-Desember itu, Apple telah berhasil menjual 74,8 juta unit iPhone. Periode tersebut sebulan sesudah Apple resmi meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Kehadiran dua perangkat itu, berperan penting menjadikan Apple naik ke posisi nomor satu. Menurut catatan Gartner, Apple ditopang lonjakan permintaan dua pasar smartphone terbesar di dunia, China dan Amerika Serikat.

“Ekosistem Apple yang begitu kuat, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dalam basis iOS. Ini juga merupakan smartphone iOS baru yang penggunanya mencari ponsel dengan layar lebih besar, sebagai alternatif kuat bagi Android,” tulis Gartner dalam sebuah pernyataan resmi.

Meski pada kuartal keempat posisi teratas berhasil diraih Apple, namun selama setahun penuh 2014 pangsa pasar terbesar masih tetap milik Samsung sebesar 24,7 persen atau setara 307,5 juta unit smartphone. Sementara Apple tetap berada di posisi kedua dengan penjualan 191,4 juta unit (15,4 persen).

Berikut data yang dihimpun oleh Gartner untuk pasar smartphone global selama kuartal keempat dan setahun penuh 2014 lalu:

gartner 2015

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES