in: News | March 5, 2015 | by: Yufianto Gunawan

DirectX 12: CPU Lebih Kencang, GPU Lebih Sibuk

Detail terkait DirectX 12, API baru yang tengah dikembangkan Microsoft, kembali dibuka di Game Developers Conference 2015 yang tengah berlangsung di San Francisco, Amerika Serikat. Phil Spencer, kepala divisi Xbox di Microsoft menjelaskan bahwa API tersebut nantinya akan membawa peningkatan performa. Hal itu dimungkinkan karena DirectX 12 mampu membagi tugas dengan lebih baik antara CPU dan GPU.

microsoft directx 12 logo

Berdasarkan presentasi dari Spencer, performa CPU akan meningkat hingga 50%, sementara beban tugas GPU akan naik hingga 20%. Spencer menunjukkan hal tersebut melalui hasil pengujian di game Fable Legends. Namun, dia juga menjelaskan bahwa peningkatan tersebut akan sangat tergantung dari optimasi kode di dalam game-game yang ada.

Secara umum, konsep yang diusung DirectX 12 tersebut mirip dengan API Mantle yang diperkenalkan oleh AMD. Memang, berdasarkan berbagai informasi yang ada, Microsoft memang membangun DirextX 12 dari basis AMD Mantle. Optimasi proses dari kedua API tersebut dapat membuat CPU melemparkan lebih banyak tugas ke GPU sehingga memungkinkan GPU bekerja lebih keras untuk menjalankan game dengan lebih lancar.

Selain peningkatan performa tersebut, DirectX 12 juga disebut akan membawa beberapa hal lain, termasuk kemungkinan untuk menjalankan GPU dari produsen berbeda secara bersama-sama dalam satu sistem. Nantinya, DirectX 12 akan ditemui di PC dengan Windows 10 dan Xbox One. Sayangnya, belum dipastikan kapan API tersebut akan dirilis oleh Microsoft.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES